BINUSIAN JOURNEY

Tips agar Sukses mengikuti Hiring / Job Expo 2024! (Part 1)

Hai Binusian, tak lama lagi Binus Career akan kembali mengadakan kegiatan Global Hiring dan Job Expo disetiap tahunnya! Kegiatan ini bisa menjadi salah satu jalan untuk kalian para fresh graduate untuk mengikuti kegiatan-kegiatan ini dengan tujuan mencari pekerjaan impian.

Jika kamu ingin mengikuti kegiatan-kegiatan Hiring / Job Expo, yuk ketahui beberapa tips berikut:

  1. Ketahui Perusahaan Yang Ingin Kamu Incar dan Lowongan yang tersedia
    Pertama, kamu harus mengetahui terlebih dulu perusahaan apa saja yang akan hadir dalam kegiatan hiring / job expo. Mencari informasi ini bisa kamu cek pada Instagram @Binuscareer atau Web www.binuscareer.com. Carilah perusahaan yang membuka lowongan sesuai dengan minat yang kamu cari dan sebaiknya tetap selektif dalam memilih lowongan pekerjaan agar membantumu mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan dan passion serta dapat memudahkan perekrut dalam menyeleksi kandidat.
  1. Tentukan Rute Perjalananmu
    Selanjutnya adalah menentukan rute perjalanan yang efektif, didalam perjalanan menuju lokasi pastinya akan ada kemacetan disekitarnya dan pastinya lokasi kegiatan akan ramai. Berangkatlah lebih awal atau juga tentukan rute yang efektif sejak awal, kamu akan lebih menghemat waktu dan dapat lebih fokus untuk melamar pekerjaan yang sudah direncanakan.
  1. Tumbuhkan Rasa Antusias
    Tips ketiga, tunjukan diri kamu bahwa kamu antusias! Datanglah dengan semangat yang tinggi, jangan lupa juga untuk selalu tersenyum dan sikap yang ramah pada perekrut ataupun sesama Job Seeker lainnya. Ketika kamu bertanya pada perekrut tentang perusahaan, dengarkan penjelasannya dengan baik dan catatlah hal-hal yang sekiranya penting untuk kamu ketahui, serta berikan kesan baik pada perekrut ya.
  1. Gali Potensi Diri
    Tips sukses selanjutnya ialah menggali potensimu, ketahui terlebih dahulu apa potensi yang bisa ditunjukkan, persiapkan diri untuk membuat perkenalan singkat tentang diri dan latar belakangmu.
  1. Mencari kesempatan untuk Bicara pada Manager atau Tim HRD dilapangan
    Tips lainnya, jika ada dengan kesempatan cobalah untuk berbicara pada Manager atau TIM HRD perusahaan yang kalian incar maka jangan sia-siakan kesempatan tersebut. Tim HRD pastinya dapat memberi informasi tentang perusahaan dan apa yang sedang perusahaan cari dan Manajer HR berperan besar dalam proses seleksi pencarian kandidat. Tunjukan potensi dirimu didepan mereka terlebih tentang skill yang kamu miliki yang dibutuhkan oleh perusahaan dan semoga hal ini dapat menjadi pertimbangan mereka untuk merekrut kamu!
  1. Membina Networking
    Tips berikutnya membina dan menjalin networking adalah hal yang penting. Datang ke hiring atau job expo adalah salah satu kesempatan untuk memperluas koneksi. Pada saat melemar pekerjaan, mintalah kartu nama / kontak pada setiap perusahaan disetiap booth yang ada pada kegiatan hiring atau expo ,dengan hal ini juga kamu dapat memperluas koneksi dan jaringan yang ada.

Penasarankan part berikutnya? Yuk kita sambung di artikel berikutnya..

By : Zia – BINUS Career