BINUSIAN JOURNEY

Menjadi Jobseekers yang Menarik Perhatian

Pada era persaingan kerja yang semakin kompetitif menjadi job seeker yang menarik perhatian merupakan hal yang krusial untuk meraih kesuksesan dalam mencari pekerjaan. Oleh karena itu, penting bagi pencari kerja untuk memahami strategi dan taktik yang dapat membuat mereka lebih menonjol dibandingkan pelamar lain. Salah satu strategi suksesnya adalah membuat CV semenarik mungkin dan mencerminkan profesionalitas, keterampilan, serta pengalaman. Berikut adalah ciri-ciri yang dapat membuat CV kalian lebih menarik :

  1. Ringkas dan jelas
    Saat menuliskan deskripsi gunakan poin-poin singkat dan jelas untuk menggambarkan pengalaman dan keterampilan yang kalian miliki.
  1. Ringkasan professional yang menarik
    Tulislah ringkasan singkat yang menonjolkan pencapaian terbesar kalian dan keterampilan kunci yang dimiliki.
  1. Pengalaman kerja yang relevan
    Cantumkan pengalaman kerja yang relevan dengan pekerjaan yang kalian lamar. Fokuslah pada tanggung jawab dan pencapaian yang dapat menunjukkan keahlian kalian.
  1. Pendidikan dan kualifikasi
    Sertakan informasi pendidikan terakhir, gelar yang dimiliki, dan prestasi akademis yang relevan. Selain pendidikan formal, kamu juga bisa mencantumkan pendidikan informal yang relevan dengan posisi yang kamu lamar.
  1. Keterampilan khusus
    Buatlah bagian yang menyoroti keterampilan khusus seperti keterampilan bahasa, pemorgraman, atau keterampilan teknis lainnya.
  1. Proyek atau prestasi yang menonjol
    Sertakan juga proyek atau pencapaian tertentu yang dapat menunjukkan kemampuan dan kontribusi kalian di tempat kerja sebelumnya.
  1. Desain yang professional
    Pilihlah format dan desain yang bersih dan professional. Hindari terlalu banyak dekorasi atau font yang sulit dibaca.
  1. Statistik atau angka yang mendukung
    Akan lebih baik dan menambah kepercayaan recruiter apabila kamu bisa memberikan angka atau statistic untuk mendukung pencapaian kalian, misalnya “meningkatkan penjualan sebesar 20% dalam waktu satu tahun”.
  1. Kesesuaian dengan posisi yang dilamar
    Sebelum mengirimkan berkas seleksi kamu harus menyesuaiakan CV dengan persyaratan pekerjaan yang diinginkan. Fokuskan pada pengalaman dan keterampilan yang paling relevan.
  1. Penggunaan kata kerja yang kuat
    Gunakan kata kerja yang kuat seperti “mengelola”, “mencapai”, atau “mengembangkan” untuk memberikan kesan positif pada pencapaian kalian.

Dengan menerapkan tips-tips diatas kamu bisa meningkatkan daya tarikmu sebagai jobseeker dan meningkatkan peluangmu untuk sukses. Fokuskan pada elemen-elemen yang paling relevan dan menarik perhatian HR dan pastikan CV kalian terbebas dari kesalahan tata bahasa dan ejaan.

Penulis : Lintang Rizka Ramadhani, S.Psi
Penyunting : Ajeng Diah Hartawati, M.Psi, Psikolog