BINUSIAN JOURNEY

Karier Protean

Karier protean adalah konsep yang semakin relevan dalam dunia kerja saat ini dikarenakan adanya perubahan teknologi dan dinamika pasar mempengaruhi bagaimana individu merencanakan dan mengelola jalur karier masing-masing. Istilah ini diperkenalkan pertama kali oleh Douglas Hall seorang peneliti pada tahun 1976 dan telah menjadi fokus penelitian dalam bidang psikologi industri dan organisasi. Istilah “protean” diambil dari nama Dewa Proteus dalam mitologi Yunani yang dikenal dengan kemampuannya untuk berubah bentuk sesuai keinginannya. Individu dengan karier protean cenderung bisa beradaptasi dengan perubahan dalam lingkungan kerja, mengubah jalur karier sesuai dengan minat, nilai, dan tujuan pribadi mereka.

Ciri khas dari karier protean adalah fleksibilitas. Para professional yang mengambil jenis karier ini sering kali tidak terikat pada satu jalur karier dan organisasi dalam jangka waktu yang lama. Kecenderungan mereka adalah mencari pengalaman dan peluang baru yang memungkinkan mereka untuk terus berkembang secara pribadi dan professional. Perpindahan ini mencangkup industri pekerjaan ataupun berbagai jenis kontrak kerja.

Selain kebebasan dan fleksibilitas, karier protean juga memiliki tantangan misalnya sering dihadapkan pada tingkat ketidakpastian yang tinggi dan diharuskan memiliki keterampilan adaptasi yang kuat untuk berhasil mengelola perubahan yang tidak menentu. Untuk bertahan yang mereka lakukan adalah mengembangkan jaringan professional yang luas dan kemampuan untuk membangun personal branding yang kuat untuk memperluas peluang karir.

Selain itu, berdasarkan penelitian yang dikutip dari Jurnal Lentera Bisnis tahun 2024 menjelaskan bahwa karier protean berpengaruh positif dan signifikan pada career decision self-efficacy, career optimism, dan career adaptability.  Efikasi diri dapat membantu individu mengatur dan memanfaatkan kemampuan yang dimiliki, mengurangi kecemasan yang muncul, dan menyelesaikan tugas sesuai tujuan.

Karier protean memberikan paradigma baru dalam pengelolaan karier yang menekankan pada fleksibilitas, adaptasi, dan pengembangan pribadi. Bagi individu yang memilih jalur ini penting untuk meningkatkan kemampuan adaptasi, membangun relasi, dan terus mengembangkan kompetensi yang relevan untuk tetap sukses dalam dunia kerja yang sangat dinamis.

Penulis : Lintang Rizka Ramadhani, S.Psi.
Penyunting : Ajeng Diah Hartawati, M.Psi, Psikolog

Referensi :
https://www.researchgate.net/publication/377607667_PENGARUH_PROTEAN_CAREER_TERHADAP_CAREER_OPTIMISM_DENGAN_CAREER_DECISION_SELF_EFFICACY_DAN_CAREER_ADAPTABILITY_SEBAGAI_PEMEDIASI_PADA_GENERASI_MILENIAL_DI_SURAKARTA/link/65afb1da9ce29c458ba8cc34/download