BINUSIAN JOURNEY

Data Analytics untuk Mengambil Keputusan

Data analytics saat ini merupakan kemampuan yang sedang popular dihampir semua industry misalnya financial, sales, SDM, dan lainnya. Dalam survey tahunan Accenture menjelaskan bahwa kemampuan untuk analisa dan mengolah data merupakan kemampuan krusial untuk dimiliki. Namun sayangnya belum banyak yang menguasai keahlian ini.

Data analytics adalah ilmu yang menganalisa data mentah untuk menarik insight dari tumpukan data dan hasilnya dapat mengungkapkan trend dan metric yang ada dalam kumpulan data tersebut. Informasi dari data tersebut dapat digunakan untuk mengoptimalkan proses untuk meningkatkan efisiensi keseluruhan bisnis atau system.

Salah satu yang terpenting pada proses ini adalah pengolahan data yang dapat membantu perusahaan dalam mengambil keputusan ataupun membuat strategi berdasarkan fakta. Sebagai contoh pada bidang SDM perusahaan dapat melakukan analisa terhadap data-data karyawan sebagai pertimbangan untuk menerapkan kebijakan internal perusahaan atau analisa kinerja karyawan.

Jenis analitik yang umum dipakai adalah deskriptif dan diagnostic untuk menemukan apa yang terjadi dan apa penyebabnya. Sedangkan kemampuan analitik data yang saat ini lebih dibutuhkan adalah analitik prediktif dan preskriptif. Dalam proses analitik ini, perusahaan dituntut untuk bisa memprediksi tren apa yang akan terjadi dan bagaimana cara mengatasinya. Contoh penerapannya adalah pada bagian finance untuk mengelola data tagihan yang dimiliki, antara lain menganalisis berapa jumlah dokumen tagihan yang terlambat diproses (analitik deskriptif), penyebab keterlambatan tagihan (analitik diagnostic), berapa banyak tagihan yang mungkin akan terlambat bulan depan (analitik prediktif), dan cara mengatasi agar dokumen tagihan tidak terlambat lagi (analitik preskriptif).

Seiring dengan perkembangan teknologi, proses pengolahan data dapat dilakukan dengan lebih mudah menggunakan aplikasi data modeling dan reporting dashboard yang tersedia di pasaran. Namun kemampuan analisa dari sisi internal di tim finance tetaplah penting untuk dimiliki.

Dengan menggunakan pendekatan berbasis data untuk pengambilan keputusan, perusahaan dapat meningkatkan kinerja, mengurangi resiko, dan mencapai keunggulan kompetitif. Penting untuk mengembangkan kapabilitas data analytics yang kuat dan mengintegrasikannya kedalam budaya organisasi agar dapat memanfaatkan potensi dari data yang tersedia.

Penulis : Lintang Rizka Ramadhani, S.Psi
Penyunting : Ajeng Diah Hartawati, M.Psi, Psikolog

Referensi :
https://swa.co.id/read/316450/data-analytics-sebagai-kunci-dalam-pengambilan-keputusan