BINUSIAN JOURNEY

Jenis-Jenis Benefit yang Bisa Menjadi Pertimbangan Selain Gaji

Gaji yang cukup dan sesuai dengan pekerjaan tentu saja menjadi faktor utama dalam menentukan pilihan karir. Namun, tidak dapat diabaikan bahwa manfaat atau benefit yang ditawarkan perusahaan memiliki peran penting dalam kepuasan dan kesejahteraan karyawan. Berikut adalah jenis-jenis benefit yang bisa menjadi pertimbanganmu selain gaji :

  1. Asuransi kesehatan
    Banyak perusahaan saat ini sudah menyediakan perlindungan asuransi kesehatan untuk karyawan, misalnya mencangkup tunjangan medis, gigi, dan pengelihatan.
  1. Rencana pensiun
    Beberapa perusahaan menawarkan renaca program pensiun yang memungkinkan karyawan menabung untuk masa depan mereka dan berkontribusi terhadap keamanan finansial jangka panjang mereka.
  1. Cuti berbayar
    Cuti berbayar mencangkup hari libur, cuti sakit, dan hari pribadi yang dapat digunakan untuk istirahat, relaksasi, atau keperluan pribadi.
  1. Pengaturan kerja fleksibel
    Saat ini banyak pilihan pengaturan kerja misalnya opsi kerja jarak jauh, waktu fleksibel, atau hybrid. Hal ini memberikan karyawan memiliki control yang lebih besar atas jadwal kerja mereka dan dapat membantu meningkatkan work life balance.
  1. Pelatihan atau kursus
    Perusahaan dapat berinvestasi dalam program pelatihan dan pengembangan karyawan, lokakarya, konferensi atau penggantian biaya pendidikan. Hal ini membantu karyawan untuk meningkatkan keterampilan mereka.
  1. Program kesehatan
    Program ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan fisik dan mental karyawan misalnya keanggotaan gym atau MCU rutin.
  1. Konseling
    Program konseling membantu karyawan dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi termasuk masalah pekerjaan, kesehatan mental, masalah keluarga atau kesulitan keuangan.
  1. Cuti orang tua
    Perusahaan dapat menawarkan cuti orang tua yang dibayar atau tidak dibayar untuk mendukung keseimbangan kehidupan kerja dan tanggung jawab keluarga.
  1. Apresiasi karyawan
    Apresiasi karyawan mencakup bonus berbasis kinerja, penghargaan karyawan bulanan atau tahunan.
  1. Tunjangan transportasi
    Tunjangan transportasi dalam berbentuk ongkos perjalanan atau subsidi parkir.
  1. Diskon karyawan
    Perusahaan dapat memberikan penawaran diskon karyawan untuk produk atau layanan perusahaan, serta kemitraan dengan vendor eksternal untuk potongan harga pada berbagai barang dan jasa.
  1. Fasilitas di tempat
    Perusahaan bonafit dapat menyediakan fasilitas di tempat seperti kafetaria, pusat kebugaran, area rekreasi, atau fasilitas penitipan anak.

Manfaat-manfaat ini menunjukkan bahwa gaji bukanlah satu-satunya faktor penting dalam mengevaluasi sebuah pekerjaan. Perusahaan yang menyadari kebutuhan karyawan dan menawarkan paket benefit yang komprehensif dapat menciptakan hubungan yang kuat dan berkelanjutan dengan tim.

Penulis : Lintang Rizka Ramadhani, S.Psi

Referensi :
https://www.linkedin.com/posts/irwan-gunawan-ajt_recruiter-activity-7146454810425274368-PlFE/?utm_source=share&utm_medium=member_desktop