BINUSIAN JOURNEY

Istilah Dalam Rekrutmen yang Perlu Diketahui

Rekrutmen adalah sebuah proses umum yang sering dilalui oleh pencari kerja. Namun seringkali istilah-istilah yang digunakan masih awam bagi masyarakat umum. Memahami istilah-istilah rekrutmen tidak hanya akan membantumu dalam mengetahui sejauhmana proses seleksi dengan percaya diri namun juga akan memudahkanmu berkomunikasi dengan baik dengan para professional sumber daya manusia dan recruiter. Berikut adalah istlah-istilah penting dalam rekrutmen yang perlu diketahui :

  1. Sourching
    Sourcing adalah aktivitas untuk merekrut karyawan yang melibatkan tim rekrutmen internal, agenda atau sumber daya professional lainnya. Ini adalah tahap awal dalam proses rekrutmen yang bertujuan menemukan individu yang memiliki kualifikasi yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.
  1. Outsourching
    Outsourcing adalah aktivitas perusahaan yang merekrut kandidat karyawan dengan bantuan pihak luar untuk mengisi posisi tertentu.
  1. Phone interview
    Phone interview adalah proses wawancara melalui telfon yang dilakukan recruiter. Biasanya phone interview dilakukan untuk melakukan follow up kepada kandidat yang menjanjikan.
  1. Company culture
    Company culture atau budaya perusahaan terdiri dari elemen-elemen yang ada di perusahaan antara lain visi misi, lingkungan kerja, workflow, ataupun etika. Recruiter biasanya akan menggali pelamar apakah cocok dan sejalan dengan company culture.
  1. Cultural fit
    Cultural fit adalah istilah yang menunjukkan kecocokan antara kandidat karyawan dengan company culture.
  1. Retention
    Retention mengacu pada usaha perusahaan dalam menjaga hubungan kerja dengan karyawannya agar merasa nyaman dan bertahan lama di lingkungan perusahaan.
  1. Asessment test
    Assessment test adalah test atau ujian yang digunakan recruiter untuk menilai kemampuan kandidat karyawan dan menilai seberapa baik kinerja kandidat tersebut untuk mengisi posisi yang dibutuhkan di perusahaan.
  1. On boarding
    On boarding adalah aktivitas dalam mempersiapkan karyawan baru untuk bergabung dengan perusahaan. Pada proses ini HRD atau pihak perusahaan akan membantu karyawan baru untuk beradaptasi di tempat kerja melalui pengenalan perusahaan, pelatihan dan orientasi kerja.
  1. Hands on
    Hands on adalah istilah rekrutmen yang digunakan recruiter untuk memberikan informasi mengenai suatu pekerjaan dan tanggung jawab yang mengharuskan kandidat karyawan terlibat secara langsung.
  1. Background check
    Background check adalah proses yang digunakan oleh recruiter untuk memeriksa latar belakang kandidat karyawan yang bertujuan untuk memastikan informasi yang diberikan oleh kandidat adalah benar dan kredibel.
  1. Job offer
    Job offer adalah tawaran resmi dari perusahaan kepada kandidat karyawan yang telah berhasil melewati proses seleksi dari awal hingga akhir dan akhirnya dipilih untuk mengisi posisi yang sedang dibutuhkan. Didalam job offer berisi informasi mengenai gaji, tunjangan, dan berbagai persyaratan kerja lainnya.

Dengan memahami istilah-istilah diatas calon pencari kerja dapat lebih siap dan percaya diri dalam mengahadapi proses rekrutmen. Selain itu, dihadapkan dapat meningkatkan kesempatan untuk berhasil dalam memperoleh atua menempatkan posisi kerja yang diinginkan.

Penulis : Lintang Rizka Ramadhani, S.Psi

Referensi :
https://www.linkedin.com/posts/irwan-gunawan-ajt_istilah-rekrutmen-yang-wajib-diketahui-1-activity-7153237021119938560-_1Fm/?utm_source=share&utm_medium=member_desktop