BINUSIAN JOURNEY

Isi yang Harus Ditekankan dalam CV Freshgraduate

Bagi seorang freshgraduate yang baru memasuki pasar kerja Curriculum Vitae (CV) adalah alat yang penting dalam menarik calon pemberi kerja. CV adalah gambaran singkat tentang diri terdiri dari kualifikasi, pengalaman, dan keterampilan yang dimiliki oleh seorang individu. Umumnya seorang fresh gradute belum banyak memiliki pengalaman secara professional dibandingkan yang sudah lebih dahulu masuk ke dunia kerja. Oleh karena itu penting bagi seorang fresh graduate untuk menonjolkan isi CV mereka dengan tepat. Berikut adalah hal-hal yang harus ditekankan dalam CV Fresh graduate:

  1. Pendidikan
    Pendidikan adalah salah satu hal utama yang harus ditekankan dalan CV. Cantumkan informasi tentang institusi pendidikan yang kamu tempuh, gelar yang diperoleh, dan prestasi akadmis yang relevan.
  1. Pengalaman akademis atau proyek
    Tuliskan tentang penelitian, tugas akhir, atau proyek khusus yang relevan dengan bidang pekerjaan yang kamu inginkan.
  1. Keterampilan dan keahlian
    Tuliskan keterampilan yang relevan dengan pekerjaan yang kamu lamar, baik itu keterampilan teknis ataupun softskill.
  1. Pengalaman kerja atau magang
    Pengalaman kerja atau magang juga sangat penting lho. Bahkan apabila hanya sebatas pengalaman praktikum atau proyek dalam lingkungan akademis bisa kamu cantumkan.
  1. Kegiatan ekstrakulikuler
    Tidak hanya akademis apabila kamu ikut serta dalam kegiatan ekstrakulikuler misalnya partisipasi dalam organisasi, klub, atau kegiatan lain yang menunjukkan kepemimpinan dan keterlibatan sosial juga bisa kamu tuliskan.
  1. Bahasa Asing
    Tuliskan atau sertakan sertifikat penguasaan bahasa asing terutama jika relevan dengan pekerjaan atau perusahaan yang dilamar.
  1. Sertifikasi atau pelatihan
    Cantumkan sertifikasi atau pelatihan tambahan yang mendukung kualifikasi dan keahlian yang dibutuhkan.
  1. Keanggotaan dalam organisasi professional
    Jebarkan juga keanggotaanmu dalam oganisasi atau asosiasi yang terkait dengan pekerjaan yang diminati.
  1. Soft skills
    Tuliskan kemampuan yang kamu miliki khususnya softskill misalnya komunikasi, kerja tim, pemecahan masalah, dan keterampilan interpersonal lainnya. Kamu bisa menjelaskan contoh dari masing-masing softskill yang kamu kuasai saat interview.
  1. Referensi
    Cantumkan informasi kontak yang dapat dihubungi oleh pemberi kerja. Hal ini bertujuan untuk mengkonfirmasi pengalaman atau skill mu kepada tim projek yang kamu cantumkan. Kamu bisa meminta izin terlebih dahulu kepada dosen, rekan kerja, atau senior apabila nomor mereka kamu jadikan sebagai referensi di CV mu.

Dalam menyusun CV pastikan untuk menjaga informasi agar tetap relevan, singkat, dan mudah dipahami oleh recruiter. CV yang kamu berikan harus menjadi cerminan yang akurat dari kemampuan, pengalaman, dan potensimu sebagai calon karyawan.

Penulis : Lintang Rizka Ramadhani, S.Psi

Referensi :
https://www.linkedin.com/posts/irwan-gunawan-ajt_cv-cvats-cvexpress-activity-7155401265194135552-PzdS/?utm_source=share&utm_medium=member_desktop