BINUSIAN JOURNEY

Strategi 3-3-3 untuk Produktif Tanpa Burnout

Dunia kerja dipenuhi dengan adanya tekanan dan tuntutan sehingga mencapai produktifitas yang tinggi tanpa adanya burnout merupakan suatu tantangan. Burnout yang disebabkan karna stress kerja yang tidak tertangani dengan baik tidak hanya merugikan kesehatan mental dan fisik namun juga dapat menghambat pencapaian tujuan jangka panjang. Oliver Burkeman merumuskan ide 3-3-3 dalam buku berjudul Manajemen Waktu membahas tentang strategi produktif namun tetap selow dan tidak ngoyo.

Konsep 3-3-3 oleh Oliver Burkeman

Kenapa hanya 3 jam untuk proyek paling penting ? karena menurut Oliver Burkeman kita hampir pasti tidak bisa konsisten melakukan pekerjaan yang menuntut fokus mental serius lebih dari 3-4 jam sehari. Contohnya, penemu Teori Evolusi, Charles Darwin fokus selama 2 x 90 menit dan 1 jam per hari; ahli matematik, Henri Poincare fokus selama 2 jam di pagi hari dan 2 jam di sore hari. Selain itu, sains juga menunjukkan kerja intelektual selama 4 jam per hari bisa memaksimalkan otak. Lalu bagaimana cara mengaplikasikannya ?

  1. 3 Jam untuk proyek paling penting
    Pada bagian ini kamu bisa menuliskan tentang proyek kerja, prioritas pribadi, dan apapun yang paling penting untukmu. Tipsnya adalah coba buat target yang spesifik, kerjaan hal-hal tadi tanpa distraksi (deep work), dan jadwalkan di waktu yang paling produktif.
  1. 3 Tugas singkat dan mendesak
    Pada bagian ini kamu bisa menuliskan tentang tugas kecil dan mendesak yang perlu segera dilakukan dan biasanya tidak menghabiskan waktu banyak, contoh cek email, meeting, atau merapikan meja kerja. Tips agar lebih optimal kamu bisa terlebih dahulu menuliskan list semua tugas-tugas singkat dan pilih akhir hari atau waktu dimana produktivitas / energi kamu sedang rendah.
  1. 3 kegiatan maintenance
    Pada bagian ini kamu bisa menuliskan tentang kegiatan yang menunjuang produktivitas jangka panjang yang apabila tidak dilakukan akan menimbulkan masalah misalnya olahraga, journaling, meditasi, dan belajar. Tips agar lebih optimal kamu bisa membuat list apa saja tugas maintenance yang ingin kamu lakukan. Kemudian, carilah waktu yang tepat untuk masing-masing tugas.

Apakah kita harus saklek untuk 3 aktivitas/kegiatan ? menurut Burkeman bahwa yang terpenting dari rule ini adalah bukan detailnya namun prinsipnya. Jadi kamu bisa sesuaikan dengan kondisi yang sedang kamu hadapi ya !

Penulis : Lintang Rizka Ramadhani, S.Psi

Referensi : https://www.instagram.com/p/Csiwti0Sr_i/?img_index=1