BINUSIAN JOURNEY

Mindset yang Jadi Penyebab Gagal Career Switching

Career switching atau perpindahakan karir sering dianggap sebagai langkah berani untuk mencapai pertumbuhan pribadi. Beberapa orang mungkin akan mengalami kesulitan dalam proses ini. Salah satu penyebabnya adalah mindset yang keliru. Mungkin sebelumnya ketika career switch berarti berpikir bahwa memulai lagi dari 0, misalnya dengan membangun skill baru, belajar dari awal tentang industrinya, atau memulai dari bawah. Ternyata mindset seperti itu adalah salah lho! Kita bisa ganti karir tanpa mulai dari awal dan meski bidangnya benar-benar berbeda. Cara untuk mengatasi hal ini adalah dengan mempunyai Transferable Skill.

Transferable skills adalah keterampilan yang dapat dipindahkan merujuk pada kemampuan, pengetahuan, atau sifat pribadi yang dapat diterapkan dan diadaptasi dalam berbagai konteks pekerjaan. Keterampilan ini bisa jadi modal kunci untuk bersaing dengan kandidat yang lebih berpengalaman. Transferable skills dapat berbentuk hardskill ataupun softskill, misalnya kemampuan komunikasi, kemampuan interpersonal, kemampuan pemecahan masalah, kreativitas, kemampuan mengelola stress dan lain sebagainya.

Ada 3 cara untuk mengetahui transferable skill apa yang kamu punya, antara lain :

  1. List tugas yang kamu lakukan
    Tulislah semua tugas dan tanggung jawab di perkerjaanmu sekarang. Semakin detail maka semakin kamu bisa memahami apa sebetulnya esensi dari tugas tersebut. Misalnya kamu bertanggung jawab untuk mengelola urusan teknis acara di kantor, atau kegiatan rapat mingguan.
  1. Nilai setiap tugas yang telah ditulis sebelumnya
    Setelah menuliskan tugas dan tanggung jawabmu kamu mulai bisa menganalisa tentang apa keterampilan yang paling kamu kuasai, apa tugas yang paling kamu sukai, dan apa keunggulan yang kamu miliki.
  1. Urutkan skill dan keunggulan yang kamu miliki
    Ketika kamu memahami urutan skill dan keunggulan yang kamu miliki harapannya kamu bisa lebih mengerti bidang apa yang sebetulnya kamu kuasai, sehingga dapat berguna ketika kamu ingin berganti karir.

Transferable skills ini dapat membantu seseorang ketika berpindah dari satu pekerjaan atau ke industry yang berbeda dari sebelumnya. Hal ini disebebkan keterampilan ini bersifat umum dan dapat diterapkan di berbagai konteks kerja. Mulai sekarang cari tahu dan asah kemampuan ini agar kamu mudah beradaptasi.

Penulis : Lintang Rizka Ramadhani, S.Psi.

Referensi : https://www.instagram.com/p/CzYR7zGyWG6/?img_index=1