BINUSIAN JOURNEY

Insight Langka Kunci Lolos Interview

Proses wawancara adalah salah langkah yang harus dihadapi agar kamu dapat lolos pada tahap seleksi utamanya untuk pekerjaan. Untuk mencapai keberhasilan tersebut kamu memerlukan kunci-kunci tertentu agar proses dapat berjalan lancar. Bagi sebagian orang interview baik dengan HRD, Direksi, atau owner perusahaan akan menimbulkan rasa gugup apabila kandidat tidak dapat menjawab pertanyaan yang diajukan. Berikut adalah tips yang dapat membantu mu apabila da pada situasi tersebut :

  1. Jujur dan terbuka
    Apabila kamu tidak tahu jawaban yang diberikan oleh interviewer sampaikan secara jujur daripada memberikan informasi yang tidak benar. Hadapi situasi tersebut dengan tenang dan jangan terlalu menunjukkan ekspresi panik bahwa kamu tidak bisa menjawabnya. Integritas kamu akan lebih dihargai daripada mencoba-coba memberikan jawaban palsu.
  1. Mengakui keterbatasan
    Sampaikan dengan tegas bahwa kamu tidak memiliki pengalaman atau pengetahuan tertentu dalam hal tersebut. Namun, sertakan juga komitmen untuk belajar dan mengembangkan diri. Kamu boleh memberikan contoh bahwa kamu adalah orang yang mau dan cepat untuk mempelajari hal baru.
  1. Berkomunikasi dengan percaya diri
    Jangan biarkan keraguanmu terlihat dalam ekspresi wajah atau suaramu. Berbicaralah dengan percaya diri dan tunjukkan bahwa kamu siap untuk belajar dan mengatasi tantangan.
  1. Ajukan pertanyaan klarifikasi
    Apabila kamu membutuhkan klarifikasi lebih lanjut tentang suatu pertanyaan jangan ragu untuk meminta penjelasan lebih lanjut. Hal ini dapat membantumu memahami pertanyaan lebih baik dan memberikan waktu untuk merumuskan jawaban.
  1. Gunakan kesempatan untuk menonjolkan keahlian lain
    Apabila pertanyaan yang diajukan tidak sesuai dengan keahlianmu gunakan kesempatan tersebut untuk menyoroti keahlian dan pengalaman lain yang relevan dengan posisi yang kamu lamar.
  1. Berfokus pada keterampilan dan problem solving
    Jika suatu pertanyaan berhubungan dengan pemecahan masalah, tunjukkan cara atau pengalamanmu sebelumnya dalam menghadapi masalah tersebut. Kamu bisa menjawab pertanyaan ini menggunakan metode STAR.
  1. Mintalah waktu untuk berfikir
    Sangat memungkinkan ada pertanyaan yang membuatmu agak tertekan, kamu bisa meminta sejenak untuk memikirkan jawaban tersebut. Dalam waktu ini akan memberikan waktu untuk mengumpulkan jawaban dipikiranmu.
  1. Belajar dari pengalaman
    Setelah wawancara selesai kamu bisa melakukan evaluasi tentang proses pelaksanaan interview yang telah berjalan. Identifikasikan hal apa yang bisa diperbaiki untuk proses interview selanjutnya.

Proses interview adalah kesempatan bagimu untuk menunjukkan keterampilan dan kepribadianmu langsung dengan tim internal perusahaan. Apabila kamu merasa kesulitan untuk menjawab tetaplah tenang dan jangan panik. Kamu bisa menggunakan langkah-langkah diatas agar proses interviewmu dapat berjalan lebih lancar.

Penulis : Lintang Rizka Ramadhani S.Psi.

Referensi : https://www.instagram.com/p/CyxxL2DSrqA/?img_index=2