BINUSIAN JOURNEY

Apakah Internship Harus Dibayar?

Internship atau magang adalah suatu bentuk pengalaman kerja sementara yang dirancang untuk memberikan pemahaman praktik terkait industry atau profesi tertentu kepada mahasiswa atau lulusan baru. Banyak pertanyaan tentang apakah internship harus dibayar atau tidak?.

Menurut Pasal 22 Ayar (2) UU Ketenagakerjaan menyebutkan bahwa peserta magang berhak memperoleh uang saku dan/atau uang transportasi, memperoleh jaminan sosial tenaga kerja, dan memperoleh sertifikat apabila lulus diakhir program.

Selain itu, beberapa alasan internship harus dibayar adalah :

  1. Nilai pekerjaan.
    Ada yang berpendapat bahwa setiap pekerjaan termasuk yang diamanahkan pada pegawai internship memiliki nilai dan kontribusi yang layak untuk dibayar. Walaupun secara pengalaman mungkin intern lebih rendah dibandingkan tim yang sudah professional mereka tetap harus diberikan pekerjaan sesuai dengan kemampuan, misalnya administrasi, penitian, ataupun proyek tertentu.
  1. Mendorong kepesertaan diversitas
    Pemberian upah pada tim intern dapat mendorong partisipasi dari berbagai latar belakang ekonomi. Mahasiswa akhir yang memerlukan penghasilan tambahan untuk biaya hidup akan lebih mudah terlibat dalam kegiatan magang.
  1. Meningkatkan kualitas internship
    Adanya upah juga akan meningkatkan daya tarik program internship bagi calon intern yang berkualitas. Hal tersebut dapat memberikan keuntungan bagi perusahaan untuk mendapatkan bakat terbaik dan mengoptimalkan manfaat dari program magang mereka.
  1. Penghargaan untuk waktu dan keterampilan
    Tim intern pasti melibatkan investasi waktu dan pengembangan keterampilan. Memberikan kompensasi dapat digunakan sebagai bentuk rewarding atas upaya mereka dalam hal belajar dan berkontribusi di lingkungan kerja.
  1. Mendorong tanggung jawab perusahaan
    Memberikan gaji juga akan mendorong perusahaan untuk bertanggung jawab dalam memberikan lingkungan kerja yang bermanfaat dan mendukung bagi intern. Hal ini dapat menghindari eksploitasi tenaga kerja dan mendorong praktik-praktik kerja yang etis.

Calon peserta internship juga wajib untuk mencari terlebih dahulu benefit yang diperoleh ketika bergabung disuatu perusahaan. Hal ini bertujuan agar proses magang dapat berjalan dengan lancar dan tujuan dapat tercapai.

Penulis : Lintang Rizka Ramadhani, S.Psi

Referensi :
https://www.linkedin.com/posts/irwan-gunawan-ajt_apakah-masih-ada-yang-melakukan-internship-activity-7142740335415181314-CCAp/?utm_source=share&utm_medium=member_desktop