BINUSIAN JOURNEY

3 Langkah Dasar Menjadi Project Manager

Apakah kamu orang yang suka mengerjakan project atau interaksi dengan banyak orang bahkan sering proaktif memberikan solusi ? Apabila iya, cepat atau lambat kemungkinan kamu akan diminta untuk menjadi memimpin projek. Pemimpin projek atau project manajer adalah seseorang yang memiliki tanggung jawab untuk mengelola sumber daya, waktu, dan anggaran dengan efesien untuk mencapai tujuan proyek. Untuk sebagian orang yang belum pernah ada pengalaman untuk mengemban tanggung jawab ini bisa jadi mengalami clueless atau takut salah. Hal tersebut wajar saja terjadi. Oleh karena itu ada tiga step basic yang bisa dilakukan apabila kamu ada di posisi tersebut, antara lain :

  1. Cari landasan teori
    Landasan teori memberikanmu gambaran secara teoritis terhadap praktek menjadi seorang project manager. Salah satu sumber referensi untuk mencari landasan teori adalah melalui buku misalnya Project Management Body of Knowledge, The Four Discipline of Execution, atau Leading Change.
  1. Teman
    Mencari teman untuk support system di kantor juga perlu untuk belajar dan bersinergi bersama. Bisa jadi teman ini adalah dari atasan, peer, atau teman di komunitas. Untuk pengembangan skill kamu bisa belajar dengan teman yang 2-3 langkah di depan kita, orang yang sudah pernah mengerjakan projek yang lebih kompleks, atau orang dengan 1-2 tahun lebih berpengalaman dari kita. Biasanya orang-orang yang lebih berpengalaman akan memberikan advice yang practical dan relevan dengan situasi kita.
  1. Praktek
    Teori tidak akan membuahkan hasil apabila tidak dibersamai dengan praktek di lapangan. Kamu bisa menjadikan beberapa projek untuk bahan praktekmu misalnya projek yang sedang dijalankan, side projek di kantor, atau personal projek.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini diharapkan seseorang yang sedang meniti langkah untuk menjadi seorang projek manager dapat membangun fondasi yang kuat. Kombinasi dari pendidikan, teori, pengalaman, dan keterampilan akan membantu mengatasi tantangan dan mencapai kesuksesan dalam mengelola proyek.

Penulis : Lintang Rizka Ramadhani, S.Psi.

Referensi : https://www.instagram.com/p/Cy255vpSd2N/?img_index=2