BINUSIAN JOURNEY

13 Ciri Bermental Kuat Bukan Pura-Pura Kuat

Seorang psikoterapis bernama Amy Morin menuliskan buku berjudul 13 Things Mentally Strong People Don’t Do menjelaskan 13 ciri orang dengan mental kuat. Sebelumnya dia pernah mengalami titik terendah dalam hidupnya yaitu saat kehilangan orang-orang tersayang hingga divonis kanker. Dari sana, ia sadar ada 13 hal yang tidak dilakukan orang bermental kuat, antara lain :

  1. Tidak mengasihani diri namun banyak bersyukur
    Orang yang kuat secara mental tidak mudah mengasihani diri sendiri atau mengeluh tentang situasi yang tidak dapat mereka kontrol. Mereka fokus pada hal-hal yang berada dalam kendali mereka. Untuk menjadi orang yang banyak bersyukur kita bisa menuliskan 1 hal baik yang kamu dapatkan setiap hari.
  1. Tidak membiarkan orang lain menguasai diri kita
    Pada poin ini membahas tentang pentingnya memiliki batasan yang sehat dalam hubungan dengan orang lain (interpersonal). Kita harus sadar bahwa kita punya kendali penuh untuk memilih apa yang akan dilakukan. Contoh dari perilakunya adalah mengenali dan menetapkan batasan, tidak mengorbankan kesejahteraan pribadi, berani mengungkapkan pendapat dan keinginan, mengelola kritik dan opini orang lain, membangun hubungan yang seimbang dan saling menghormati.
  1. Tidak takut perubahan, namun merangkul perubahan
    Orang yang bermental kuat tidak terobsesi melakukan perubahan radikal namun mulai melakukan perubahan dari hal kecil dan konsisten. Dengan merangkul perubahan seseorang dapat membangun kekuatan mental yang memungkinkan mereka untuk berkembang di tengah tantangan dan dinamika kehidupan yang selalu berubah.
  1. Tidak terdistraksi dengan hal di luar kontrol
    Kita harus bisa memahami dan menerima ada hal yang diluar kendali. Fokus kita adalah pada hal-hal yang bisa kita kendalikan. Selain itu, orang yang bermental kuat akan dapat mengelola reaksi terhadap situasi yang tidak terduga, tidak terpengaruhi oleh opini orang lain, mampu mengelola stress dan kecemasan, serta tidak terjebak dengan hal-hal yang tidak penting.
  1. Tidak merasa harus selalu menyenangkan untuk orang lain
    Orang bermental kuat berani mengatakan tidak atau berkonfrontasi ketika yakin keputusan yang dilakukannya tepat. Dengan begitu kita tetap bisa hidup sesuai dengan nilai-nilai pribadi dan menjaga keseimbangan dalam hubungan interpersonal tanpa merasa terlalu terbebani oleh ekspektasi orang lain.
  1. Tidak takut mengambil resiko
    Kita mengetahui pro dan kontra dari setiap keputusan yang kita ambil dan berani mengambil resiko yang sudah diperhitungkan. Seseorang akan membangun keberanian dan ketangguhan mental yang memungkinkan mereka untuk menghadapi tantangan dan mengambil resiko dengan penuh keyakinan.
  1. Tidak menyesali masa lalu
    Setiap orang pasti memiliki masa lalu entah baik ataupun buruk. Sebagai orang yang sehat mental akan menerima yang sudah terjadi dan tidak terjebak di masa lalu.
  1. Tidak mengulangi kesalahan yang sama
    Kesalahan atau kegagalan adalah sesuatu yang bisa dimaknai positif apabila kita bisa mengambil pelajaran dari hal tersebut. Kita harus bisa belajar dari kegagalan dan membuat rencana perbaikan untuk langkah selanjutnya.
  1. Tidak iri dengan kesuksesan orang lain
    Setiap orang memiliki definisi suksesnya masing-masing. Orang sehat mental memiliki definisi sukses untuk diri sendiri dan mencari peluang untuk bekerja sama dengan orang lain. Selain itu, mereka dapat bersukacita dalam kesuksesan orang lain, belajar dari pengalaman mereka, dan terus berkembang tanpa terjebak dalam perangkap iri hati.
  1. Tidak gampang menyerah
    Ketika gagal orang sehat mental tidak terburu-buru mengatakan bahwa ia tidak berbakat melainkan akan mencoba untuk belajar lagi. Hal ini memungkinkan mereka untuk tetap gigih dan berkembang bahkan dalam situasi yang penuh dengan tantangan.
  1. Tidak terganggu ketika sendiri
    Ketika sedang sendiri orang bermental kuat akan melihat waktu sebagai peluang untuk mengenali kebutuhan emosional dan mental mereka tanpa gangguan dari luar. Hal ini memungkinkan untuk mereka tetap bahagia dan stabil bahkan ketika berada dalam situasi sendirian.
  1. Tidak arogan atau merasa berhak atas banyak hal
    Orang sehat mental akan fokus pada apa yang bisa ia lakukan atau berikan kepada orang lain. Contoh dari perilaku ini antara lain dapat menunjukkan rasa hormat kepada orang lain, menerima opini dan pengalaman orang lain, bersedia belajar dari orang lain, menilai diri sendiri dengan objektif, dan menerima tanggung jawab atas kesalahan. Hal ini akan menciptakan hubungan yang sehat dengan orang lain dan memungkinkan pertumbuhan pribadi.
  1. Tidak tergoda jalan pintas untuk sukses
    Orang sehat mental akan membuat set goal yang realistis dan melatih diri untuk dapat konsisten mencapai goal tersebut. Dengan sikap ini memungkinkan mereka sukses dengan cara yang etis, konsisten, dan berkelanjutan jangka panjang.

Melalui penerapan 13 prinsip ini seseorang dapat membangun kekuatan mental untuk menghadapi tantangan hidup dan mencapai keberhasilan.

Penulis : Lintang Rizka Ramadhani, S.Psi

Referensi : https://www.instagram.com/p/CysEcNFylVX/?img_index=1