BINUSIAN JOURNEY

Waktu Terbaik Career Switching

Career Switching atau berpindah karir merupakan keputusan yang besar dan membutuhkan refleksi mendalam dan pertimbangan yang matang. Secara umum tidak ada waktu spesifik kapan waktu terbaik dilakukannya career switching. Hal tersebut dikarenakan ada banyak faktor yang menjadi pertimbangan dan untuk menentukan kapan waktu yang tepat untuk career switch.

Berikut cara yang dapat digunakan untuk menganalisa kapan keputusan tersebut bisa dilakukan:

  1. Deskripsikan prioritas jangka panjang dari karirmu
    Pada poin ini bayangkan aktivitas harian yang ideal untukmu di usia 45 tahun. Hal tersebut akan memberi gambaran bagaimana masa depan nanti akan berjalan. Tentu saja usia saat ini yang masih 20-an dan sangat produktif akan berbeda apabila kita sudah ada di usia pensiun. Contohnya ketika muda seorang pemain bola bisa fokus di karir profesionalnya. Namun ketika sudah masa pensiun seorang pemain bola tersebut membutuhkan hal lain untuk dilakukan. Oleh karena itu, saat ini banyak pemain sepak bola yang juga mulai belajar dan merambah di dunia bisnis untuk mempersiapkan waktu pensiunnya nanti.
  1. Deskripsikan prioritas jangka pendekmu
    Untuk saat ini prioritasmu mungkin dipengaruhi oleh flexibility, uang, belajar, mencari pengalaman, atau memperdalam skill. Short term priority setiap orang bisa jadi berbeda. Oleh karena itu kita harus mengenalinya masing-masing.
  1. Cari tahun role yang paling cocok
    Setelah mengetahui apa prioritas jangka panjang dan pendekmu selanjutnya adalah memikirkan posisi apa yang paling cocok untukmu saat ini. Ada dua kemungkinan, pertama kamu merasa role yang saat ini kamu jalani sudah sesuai. Apabila seperti itu maka kamu harus melakukannya dengan sebaik mungkin untuk mencapai tujuanmu pada role tersebut. Kemungkinan kedua adalah ternyata dari hasil analisa menunjukkan bahwa role yang sekarang kamu lakukan tidak cocok. Kalau hasilnya demikian bisa menunjukkan saatnya kamu mencari opportunity yang bisa membantumu lebih dekat dengan tujuan atau prioritasmu tadi. Apabila kamu masih ingin bertahan di perusahaan yang sama pilihannya adalah internal transfer atau mutasi ke bagian yang sesuai dengan tujuanmu atau eksplore ke perusahaan lain.

Pada intinya menentukan kapan harus melakukan career switching merupakan keputusan pribadi yang kompleks. Dengan memperhatikan tanda-tanda ketidakpuasan berkelanjutan, ketidaksesuaian passion, stagnansi dalam hal pengambangan karir, perubahan prioritas hidup, kondisi perusahaan, kesehatan dan keseimbangan hidup, serta peluang pasar kerja, kamu dapat membuat keputusan yang lebih akurat untuk mencapai karir yang lebih memuaskan dan bermakna.

Penulis : Lintang Rizka Ramadhani, S.Psi

Referensi :
https://www.instagram.com/p/C1OKreAStjR/?img_index=10