BINUSIAN JOURNEY

Kebiasaan Powerful Ketika Sedang Tidak Mood Kerja

Apakah kamu pernah merasa tidak mood sampai bisa menyebabkan malas untuk masuk kuliah atau bekerja ? Mungkin sebagian besar orang pernah mengalaminya. Hal ini seringkali mempengaruhi produktivitas dan menjadi tantangan untuk sulit diatasi. Diambil dari buku How To Hace a Good Day karya Caroline Webb akan menjelaskan enam pertanyaan yang berguna untuk memproses emosi dengan lebih kontruktif.

Pertanyaan 1 : AIM – Apa intensi atau tujuanku esok hari ?
Kamu bisa membuat apa tujuan yang ingin kamu capai dalam satu hari. Untuk memudahkan dalam melakukan eksekusi kamu bisa membuat list pekerjaan. Kemudian tanyakan pada dirimu satu atau dua hal yang paling penting untuk dilakukan pada hari tersebut. Carilah waktu untuk mengerjakan tugas-tugas tersebut agar mendapatkan hasil yang maksimal. Setting waktu dan tempat kerja senyaman mungkin serta hindarkanlah dari hal-hal yang dapat mendistraksi fokusmu.

Pertanyaan 2 : ATTITIDE – Apa hal yang mengganggumu saat ini ?
Pada pertanyaan ini tulislah hal-hal yang dapat mengganggu pekerjaanmu dengan sedetail mungkin. Mungkin bisa dari orang lain, gadget, lingkungan, atau bahkan pandangan kita sendiri tentang suatu hal. Prioritas yang sudah kita susun pada poin 1 tidak akan berjalan dengan baik ketika kita tidak bisa fokus dan membiarkan hal-hal mengganggu tersebut tetap berada disekitar kita.

Pertanyaan 3 : ASSUMPTIONS – Apa asumsi negative yang kamu punya ?
Asumsi negatif atau bentuk keyakinan atau pandangan terhadap sesuatu tanpa memiliki bukti yang jelas dapat mengakibatkan banyak dampak negatif antara lain komunikasi yang buruk, konflik interpersonal, kurangnya kolaborasi, emosi negative, hambatan dalam berfikir kritis atau bahkan dapat mempengaruhi dalam pengambilan keputusan yang kurang tepat.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah kritisi hal yang kamu percaya dan carilah fakta dari asumsi yang kamu miliki. Ubahlah asumsi negatifmu tersebut agar dapat menjadi semangatmu dalam melakukan sesuatu. Misalnya sebelumnya kita menganggap bahwa meeting hanya membuang-buang waktu dan tidak penting. Kemudian diubah menjadi meeting adalah proses dimana kita bisa melakukan brainstorming dengan rekan lain dan dapat membuat projek semakin lancar.

Pertanyaan 4 : ATTENTION – Apa hal-hal yang membuat besok menjadi lebih baik ?
Tuliskan 3 – 5 poin hal-hal yang dapat membuatmu merasa lebih baik esok hari. Tidak hanya hal-hal yang berhubungan dengan pekerjaan atau perkuliahan, namun juga hal-hal yang bersifat hobi atau pekerjaan harian. Misalnya kamu dapat menulis “hari ini aku ingin melakukan olahraga jogging di pagi hari, belajar agama, dan memasak makanan kesukaanku”. Melakukan hal yang disenangi dihadapkan dapat menambah mood untuk melakukan aktivitas di hari tersebut.

Pertanyaan 5 : ANCHOR – Apa dampak  dari kesulitan ini kedepannya ?
Untuk mencapai suatu kesuksesan tentu saja kita tidak akan mencapainya dengan mudah. Pasti akan ada hal-hal yang kita korbankan. Contohnya menjadi seorang atlet professional juara dunia pasti tidak akan latihan seenaknya saja. Mereka wajib berlatih sehari 3 – 4 kali dalam sehari. Yang mana proses tersebut mungkin tidak mudah untuk banyak orang. Tidak sedikit atlet yang sudah mulai berlatih merasa jenuh dan bahkan memutuskan untuk tidak melanjutkan proses latihan. Apabila kita berfikir dalam jangka waktu pendek atau short-term pasti kita menjadi kurang motivasi. Namun, ketika kita melihat jangka panjang atau long-term kita akan merasa situasinya tidak seburuk itu. Latihan yang dilakukan terus menerus dan menguras keringat akan kita rasakan manfaatnya setelah jangka panjang.

Pertanyaan 6 : ANTICIPATE – Kalau esok bukan hari yang baik, apa yang akan aku lakukan ?
Adakalanya dalam satu hari kita merasa hari tersebut tidak berjalan sesuai rencana. Oleh karena itu penting untuk kita membuat rencana tentang apabila besok bukan hari yang baik lalu apa yang akan kita lakukan ?

Penulis : Lintang Rizka Ramadhani, S.Psi

Referensi :
https://www.instagram.com/p/C2Wjtv9SGEZ/?img_index=8
https://www.youtube.com/watch?v=jyxkRYrEfiE&t=14s