BINUSIAN JOURNEY

3 Cara Untuk Dapat Tetap Perform Meskipun Bukan Sesuai Passion

Bekerja sesuai passion merupakan impian dari banyak orang. Tidak hanya bekerja dan menjadi sumber penghasilan kita juga ingin merasakan kepuasan batin. Namun, pada realitanya seringkali tidak seindah impian. Banyak dari kita mungkin menemukan diri kita bekerja dalam bidang yang tidak sepenuhnya sesuai dengan passion. Istilah “follow your passion” secara tidak langsung berdampak pada keyakinan kita untuk menganggap hanya bisa bekerja dengan baik ketika mengerjakan hal yang kita sukai. Meskipun demikian, tidak berarti anggapan tersebut menghambat kita untuk tetap perform.

Berikut adalah beberapa cara agar kita tetap perform meskipun pekerjaan yang kita jalani tidak sepenuhnya sesuai dengan passion :

  1. Tumbuhkan Rasa Ingin Tahu
    Menumbukan rasa ingin tau di kantor akan membawa manfaat besar, baik untuk diri sendiri ataupun perusahaan secara keseluruhan. Rasa ingin tahu dapat memotivasi inovasi, meningkatkan produktivitas, dan menciptakan lingkungan kerja yang dinamis. Terlebih ketika kamu masih berada di awal karir kemampuan ini sangat diperlukan. Banyak hal bisa membuat kamu merasa tidak passionate ketika diawal karir misalnya kamu merasa dirimu kurang ahli melakukan sesuatu, belum familiar dengan kebiasaan baru, dan banyak hal yang relate dengan passion namun tidak terlihat di pekerjaan kita. Kamu butuh waktu sekitar 1 – 2 tahun beradaptasi dan mencari tahu apakah hal yang kamu lakukan adalah passionmu. Agar dapat menumbuhkan rasa ingin tahu kamu bisa mencoba dengan membiasakan komunikasi terbuka, mendorong pertanyaan dan diskusi, memberikan ruang untuk eksperimen dan inovasi, dan memfasilitas program pengembangan diri.
  1. Temukan hal yang kamu sukai
    Meskipun pada akhirnya kamu menganggap pekerjaan ini bukan passionmu kami sarankan agar kamu dapat melakukan yang terbaik disituasimu sekarang. Bekerja dengan level energy optimal dan melakukan sebaik mungkin yang kamu bisa akan memberikan dampak positif dan akan membuatmu lebih menikmati sehingga dapat perform maksimal. Ketika kamu perform dengan baik kamu akan lebih diuntungkan misalnya akan lebih bahagia, bisa mendapat promosi, potensi karir yang bagus, dan personal branding yang menarik.
  1. Start Questioning
    Apabila kamu udah bekerja selama 5 tahun dan sadar itu memang bukan passion mu maka kamu memiliki dua pilihan, pertama Do what your passionate about on the side, atau kamu bisa mengikuti hal yang menurutmu passion di luar kantor atau organisasi misalnya dengan mengikuti ekskul, volunteering, atau punya side hustle. Kedua, Start questioning atau cari waktu yang tepat untuk mencari role baru dalam perusahaan atau di luar perusahaan.

Meskipun tidak selalu mudah, tetap perform dalam perkerjaan yang tidak sepenuhnya sesuai dengan passion adalah tantangan yang dapat diatasi dengan sikap positif dan pendekatan yang bijaksana. Melalui fokus pada makna, tujuan pribadi, komunikasi terbuka kamu dapat menciptakan pengalaman kerja yang memuaskan bahkan di luar jalur passion utama yang kamu miliki.

Penulis : Lintang Rizka Ramadhani, S.Psi

Referensi :
https://www.instagram.com/p/C0_boJcLOWL/?img_index=1