BINUSIAN JOURNEY

Pentingnya Collaboration Skill

Kemampuan kolaborasi merupakan salah satu keterampilan terpenting yang sebaiknya kamu miliki sebelum terjun ke dunia kerja. Hal ini dikarenakan pada saat bekerja atau berada di dunia professional, kemampuan tersebut sangat dibutuhkan dan diperlukan. Tidak bisa selamanya pekerjaan dilakukan dengan seorang diri. Dalam membangun sesuatu pasti ada kalanya memerlukan bantuan dan bekerja bersama oranglain. Contohnya, ketika kamu harus menyelesaikan suatu pekerjaan yang membutuhkan orang lain yang memiliki keahlian khusus maka kamu harus menjalankannya bersama orang lain maupun divisi lain atau bahkan organisasi lain, maka kemampuan kolaborasi inilah yang akan digunakan.

Kolaborasi pada hakikatnya adalah sebuah bentuk kerja sama yang dilakukan oleh beberapa individu atau antarorganisasi guna mencapai tujuan bersama. Hal yang paling menantang dari berkolaborasi adalah membuang ego masing-masing individu untuk keperluan bersama. Seseorang yang memiliki kemampuan ini berarti ia memiliki kemampuan untuk bekerjasama sehingga bisa merealisasikan tujuan bersama.

Kemampuan kolaborasi merupakan sebuah soft-skill, artinya perlu waktu dan terus dilatih untuk dapat menguasainya. Tidak bisa dikuasai dalam semalam, hanya dari membaca, dan sekedar mengetahui. Kemampuan berkolaborasi terdiri dari beberapa kemampuan lainnya yaitu :

  1. Menjadi pendengar aktif
  2. Kemampuan berkomunikasi secara assertif
  3. Keterampilan sosial atau interpersonal
  4. Kecerdasan emosional
  5. Berfikiran terbuka dan Pembelajar aktif

Saat ini kemajuan teknologi semakin memudahkan kolaborasi karena proses komunikasi dan interaksi menjadi lebih efektif dan efisien, menembus batas jarak dan ruang. Kolaborasi dapat mendatangkan berbagai manfaat seperti :

  1. Meningkatkan efisiensi
  2. Memperkaya ide
  3. Mendapatkan pengalaman belajar
  4. Membagi beban kerja
  5. Memperluas jaringan

Referensi :
Wendy L. Bedwell, Jessica L. Wildman, Deborah DiazGranados, Maritza Salazar, William S. Kramer, Eduardo Salas. 2012. Collaboration at work: An integrative multilevel conceptualization. Human Resource Management Review, Volume 22, Issue 2, Pages 128-145. https://doi.org/10.1016/j.hrmr.2011.11.007

Penulis: Ajeng Diah Hartawati, M.Psi., Psikolog