BINUSIAN JOURNEY

Hal Terpenting Dari KPI untuk Kesuksesan Pemimpin

Key Performance Indicator (KPI) merupakan fungsi penting yang digunakan sebagai alat ukur untuk menentukan apakah suatu organisasi atau individu telah mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Bagi seorang pemimpin, KPI memainkan peran penting dalam mengarahkan timnya untuk menuju kesuksesan.

Mengapa KPI (Key Performance Indicator) Penting?

  1. Integrasi nilai dan target organisasi : Menghubungkan nilai-nilai visi dan misi, strategi organisasi, dan target kinerja organisasi untuk mencapai target kinerja yang diharapkan.
  2. Kemampuan untuk mengukur target : Mengukur kinerja organisasi dan/atau bagian perusahaan jika terjadi peningkatan atau penurunan performa
  3. Alat analisis kinerja organisasi : Membandingkan kinerja saat ini dari organisasi dengan kinerja organisasi di masa lalu, atau membuat perbandingan dengan kinerja organisasi lain.
  4. Penetapan indikator kerja : Key Performance Indicator pada organisasi dapat digunakan sebagai dasar untuk menentukan indikator atau target kerja divisi atau individu.
  5. Menciptakan lingkungan untuk belajar dan bekerja : Hasil pencapaian KPI dapat digunakan sebagai referensi untuk memberikan reward dan konsekuensi sehingga KPI juga memiliki manfaat dalam mendorong motivasi kerja karyawan dan perilaku baik dari karyawan.

Manfaat Penerapan KPI (Key Performance Indicator) :

  • Meningkatkan Fokus dan Prioritas : Mengarahkan tim pada tujuan yang jelas dan membantu mereka memprioritaskan tugas.
  • Meningkatkan Kinerja dan Produktivitas : Memberikan tolak ukur untuk melacak kemajuan dan mendorong peningkatan performa.
  • Meningkatkan Akuntabilitas dan Transparansi : Meningkatkan akuntabilitas tim dan transparansi dalam proses pengambilan keputusan.
  • Meningkatkan Motivasi dan Keterlibatan : Memberikan rasa tujuan dan pengakuan atas pencapaian, meningkatkan motivasi dan keterlibatan tim.

KPI adalah alat yang penting untuk pemimpin yang ingin sukses. Dengan menggunakan KPI, pemimpin dapat fokus pada prioritas, mengukur kemajuan, meningkatkan kinerja, membuat keputusan yang lebih baik, dan meningkatkan motivasi dan akuntabilitas tim. Dengan memantau KPI ini, para pemimpin dapat meningkatkan pendekatan mereka dan lingkungan di mana mereka bekerja untuk meningkatkan kesejahteraan dan kepuasan tenaga kerja mereka.

Referensi:
Adnin, S. (2023). KPI (Key Performance Indicator): Pengertian, Jenis, Contoh, dan Cara Membuatnya. Glints for Employers. https://employers.glints.com/id-id/blog/memahami-key-performance-indicator-kpi-di-perusahaan/
Hendrik. (n.d.). Pengertian key performance indicator (KPI) Dan Fungsinya. Gramedia Literasi. https://www.gramedia.com/literasi/key-performance-indicator/#Cara_Menetapkan_Key_Performance_Indicator
RingCentral UK. (2021, May 10). Key performance indicators (kpis). RingCentral UK Blog. https://www.ringcentral.com/gb/en/blog/definitions/kpi-key-performance-indicators/
Setiawan, I., & Purba, H. H. (2020). A systematic literature review of Key Performance Indicators (KPIs) implementation. Journal of Industrial Engineering & Management Research, 1(3), 200-208. https://www.researchgate.net/profile/Humiras-Purba/publication/345941517_A_Systematic_Literature_Review_of_Key_Performance_Indicators_KPIs_Implementation/links/5fb3620a45851518fdacb9e0/A-Systematic-Literature-Review-of-Key-Performance-Indicators-KPIs-Implementation.pdf

Penulis: Ardhia Indah Cahyani