BINUSIAN JOURNEY

Cara Membuat Kalimat Profil

Curiculum vitae (CV) adalah salah satu berkas lamaran yang penting dalam pengenalan diri seorang pelamar kerja. Kalimat profil dalam CV adalah ringkasan tentang dirimu sebagai seorang professional. Melalui 2 – 3 kalimat tersebut kamu diminta untuk menonjolkan kualifikasi, keterampilan, dan pecapaian yang paling powerfull untuk disampaikan. Berikut adalah tips untuk membuat kalimat profil di CV mu :

  1. Identifikasi diri secara professional
    Kamu dapat mengidentifikasi dirimu secara professional misalnya dengan kalimat yang menyebutkan kamu adalah entry-level professional, atau fresh-graduate dari jurusan dan kampus  tertentu. Kamu bisa menuliskan gelar, pengalaman, dan bidang spesialisasimu.
    Contoh : “Seorang web programmer berpengalaman lebih dari 10 tahun dalam industry e-commerce”
  1. Singkat dan jujur
    Ketika melakukan screening CV HRD tidak memiliki waktu banyak. Oleh karena itu tuliskan deskripsi diri dengan singkat dan tidak bertele-tele. Oleh karena itu tonjolkanlah keterampilan atau pengalaman yang paling penting dari CV mu. Apabila belum memiliki pengalaman kamu bisa menuliskan hal yang kamu dapatkan dari pendidikan, kelebihan diri, atau keterampilan yang kamu punya.
    Contoh : “Seorang pemasar digital berpengalaman dengan keahlian dalam strategi pemasaran, analisis data, dan manajemen proyek. Mampu meningkatkan konversi situs web hingga 30% melalui kampanye pemasaran digital yang inovatif.”
  1. Sesuaikan dengan posis yang dilamar
    Sebelum menuliskan deskripsi diri di CV lihatlah kembali lowongan kerja yang akan kamu lamar. Tinjau deskripsi pekerjaan dan soroti kualifikasi atau keterampilan yang dicari oleh perusahaan.
    Contoh : “memiliki pengalaman dalam menagamen merek dan kampanye media sosial, tertarik untuk posisi manajer pemasaran”
  1. Tonjolkan skill atau pengalaman paling relevan
    Apabila kamu memiliki banyak pengalaman, keterampilan, kelebihan atau prestasi maka tuliskan saja yang paling relevan dari posisi yang kamu lamar.
    Contoh : “Meningkatkan konversi situs web sebesar 30% melalui kampanya pemasaran digital yang inovatif”
  1. Pastikan tidak ada kesalahan penulisan (grammar)
    Setelah menuliskan kalimat profil yang sesuai jangan lupa untuk mereview ulang dan memastikan tidak ada kesalahan tulis. Baca kembali dan pastikan tidak ada kalimat yang sulit untuk dimengerti. Apabila menggunakan Bahasa Inggris pastikan telah menggunakan grammar yang sesuai.

Dengan menggunakan tips diatas, kamu dapat membuat kalimat profil yang kuat dan menarik perhatian recruiter. Pastikan untuk menyesuaiakannya dengan posisi yang kamu lamar dan selalu memperbarui serta menyempurnakan seiring dengan perkembangan karirmu.

Referensi :
https://blog.skillacademy.com/contoh-deskripsi-diri-di-cv

Penulis : Lintang Rizka Ramadhani, S.Psi
Penyunting : Ajeng Diah Hartawati, M.Psi, Psikolog