BINUSIAN JOURNEY

BINUS FESTIVAL – Entrepreneurship November 2023

23 – 25 November 2023
Creative Idea Journey to Real

BINUS FESTIVAL atau yang biasa disebut BFest, merupakan festival tahunan yang diselenggarakan oleh Universitas Bina Nusantara. BFest akan diadakan dari tanggal 23 November 2023 hingga 25 November 2023. Selama BFest berlangsung, semua kegiatan perkuliahan ditiadakan dan digantikan dengan rangkaian kegiatan seperti seminar dan expo. BINUS Entrepreneurship Center (BEC) merupakan unit di BINUS University dalam mengembangkan program entrepreneurship, ikut hadir berpartisipasi pada acara BFest.

Rangkaian kegiatan ini yaitu Seminar Entrepreneurship, Idea Festival, SLME (Students Local Market Experience), dan BINUS Entre Expo (BEE) yang diselenggarakan di Binus University.  Pada event ini seluruh mahasiswa yang mengambil mata kuliah Entrepreneurship ataupun mata kuliah Embedded Entrepreneurship diwajibkan untuk menampilkan ide dan prototype bisnis yang telah mahasiswa ciptakan, sesuai arahan dari dosen di kelas masing-masing. Selain itu, juga melakukan proses validasi bisnis sehingga produk/layanan bisnis mahasiswa menjadi lebih siap dipasarkan ke konsumen. Topik yang diangkat pada BFest – Entrepreneurship kali ini adalah Creative Idea Journey to Real.

Pemaparan produk atau layanan baru, membentuk jaringan dan koneksi, mendapatkan feedback langsung, meningkatkan Brand awareness, melakukan penjualan langsung dan serta mengikuti kegiatan pelatihan dan workshop menjadi hal yang menarik pada kegiatan BFest ini. Mahasiswa juga saling bersaing dalam menciptakan strategi pameran yang efektif dan menarik baik dalam hal desain booth, materi promosi serta komunikasi yang interaktif dengan pengunjung. Kesuksesan mahasiswa dalam expo tidak hanya diukur dari seberapa banyak produk atau layanan yang terjual, tetapi juga dari seberapa baik sebagai pengusaha dapat memanfaatkan peluang yang ada untuk mengembangkan bisnis mereka.

Peserta terlihat antusias dalam mempromosikan bisnis-bisnis mereka, dan pengunjung expo juga terlihat ramai berinteraksi dengan peserta expo. Pengunjung expo juga membeli produk-produk yang dijual oleh peserta expo baik makanan, minuman, pakaian, dll. Semoga dari acara ini, akan bermunculan bisnis-bisnis yang baru dari peserta expo.

Sampai bertemu lagi di BFEST – Entrepreneurship tahun depan ya..!!

Disusun oleh Dr. Glory Aguzman, S.Sos., MM
Editor: Ira Setyawati, S. Psi., M.A.

Dokumentasi BINUS Festival November 2023: