BINUSIAN JOURNEY

STUDI INDEPENDEN DIGITAL CONTENT CREATION

Semester Genap 2022/2023
Online via Zoom
Jumlah Peserta 614 orang

Specific Independent Study Track merupakan program Enrichment yang bertujuan mengembangkan kemampuan soft-skill dan technical-skill mahasiswa secara spesifik agar siap menghadapi revolusi industri 4.0. Selain itu juga program ini bertujuan untuk membekali mahasiswa dalam mempersiapkan apa saja yang dibutuhkan untuk masuk ke dunia industri dan tantangan apa saja yang akan dihadapi saat terjun ke dalam industri serta mahasiswa mendapat pengalaman mengerjakan proyek langsung sesuai dengan course yang diminati oleh mahasiswa.

Program ini berlangsung online sejak Bulan Maret 2023 hingga Bulan Juli 2023 dan dibagi menjadi 3 rangkaian kegiatan yaitu Soft-Skills Series, Technical-Skills Series dan Training and Course Certification. Track ini diikuti oleh 412 mahasiswa dengan peminatan course yaitu Digital Content Creation.

Pada Bulan Maret 2023 merupakan kegiatan Soft-Skills Series. Kegiatan ini diisi oleh 4 narasumber dari 3 Perusahaan yaitu Crazy rich entertainment, SUCOR SEKURITAS, dan WF Global. Dalam Soft-Skills Series ini mengangkat topik soft-skills berdasarkan BINUS Graduate Attributes meliputi public speaking, collaboration, critical thinking, dan professional ethics. Selanjutnya, masuk kegiatan Technical-Skills Series dimana mahasiswa mendapatkan materi diisi oleh 4 narasumber dari 4 perusahaan yaitu I-Radio, Cretivox, Greenpeace Southeast Asia, REKREASI CREATIVE PLAYGROUND serta mengangkat topik Audio Skill, Video Making, Story-telling, dan Publishing Content. Narasumber juga menjelaskan mengenai implementasi dari soft skills dan technical skills tersebut dalam bekerja sehingga mahasiswa menjadi lebih antusias dan paham.

Pada bulan April 2023 hingga Juli 2023 merupakan kegiatan Training and Course Certification dimana mahasiswa akan mendapatkan materi dari dosen teori dan dosen praktisi (perusahaan) dengan metode Synchronous (Metode tatap muka online) dan Asynchronous (Self Learning, forum/ video-based learning). Adapun dosen teori yang terlibat pada kegiatan ini sebanyak 5 orang (untuk 8 kelas) dan dosen praktisi (perusahaan) sebanyak 19 orang dari 18 perusahaan dan professional yang berbeda yaitu I-Radio, Indozone, NOICE, Reflection Photography & Videography, Endeecom.com, Opini Tangah Malam, Cretivox, Content Creator collaborator Narasi Get started – CHARISSA, Bimodigipreneur, Hakuhodo Digital Production, Purwadhika Digital Technology School, Metro TV, Kalbe Farma, Nuvantara, Tribun Jogja, Aktor dan Komika, Lintang Media, dan Hakuhodo Digital Indonesia.

Selain itu, mahasiswa juga mengerjakan proyek akhir dari perusahaan untuk melakukan implementasi dari training yang telah diikuti dan di akhir pertemuan ada certification test untuk mendapatkan sertifikat kelulusan pada course yang telah ditempuh oleh mahasiswa. Program ini berjalan lancar sesuai dengan timeline yang telah direncanakan. Mahasiswa juga merasa program ini sangat bermanfaat karena langsung spesifik pembelajarannya sesuai course yang mereka pilih.

Penulis: Ira Setyawati, S.Psi., M.A.