BINUSIAN JOURNEY

Tips Lulus Masa Probation

Setelah kamu dinyatakan lolos dari suatu seleksi pencarian kerja tidak jarang perusahaan menerapkan adanya masa probation sebelum karyawan diangkat sebagai pegawai tetap. Probation adalah masa percobaan kerja yang harus dilalui oleh pegawai baru. Sesuai dengan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2003 Pasal 60 Ayat dan 2, menjelaskan masa probation untuk perjanjian waktu kerja tidak tertentu adalah paling lama 3 bulan.

Pada masa probation perusahaan akan menilai kinerja dari pegawai baru dan menjadi fase penentu apakah kontrak pegawai tersebut dapat dilanjutkan atau tidak. Biasanya yang dinilai selama masa probation adalah kinerja, attittude, dan kedisiplinan. Apabila ketiga hal tersebut tidak memenuhi standar dari perusahaan maka kontrak dari pegawai tersebut bisa saja tidak dilanjutkan. Namun, bisa saja indikator setiap perusahaan terhadap harapan kepada pegawai berbeda-beda. Berikut adalah tips agar kamu lolos masa probation.

  1. Tanyakan ekspektasi perusahaan
    Sebagai pegawai baru kita harus mengetahui ekspektasi atau harapan dari alasan kita direkrut oleh perusahaan. Kamu bisa menanyakannya saat interview atau on boarding diawal saat masuk kerja kepada HRD atau atasanmu. Dengan begitu kamu bisa menyesuaikan apa yang harus dilakukan dan bisa menjadi target kerjamu untuk beberapa bulan kedepan.
  1. Bangun relasi melalui kesan pertama yang baik
    Terkadang kesan pertama adalah kesan yang paling diingat oleh orang lain yang bertemu dengan kita. Kamu bisa bersikap ramah, terbuka, dan tunjukkan sikap tanggung jawab. Ketika menciptakan kesan pertama yang baik orang lain akan mengenalmu sebagai orang yang baik pula. Dengan begitu kamu akan mudah bersosialisasi dan membangun hubungan. Karna bisa jadi adaptasi dengan rekan kerja menjadi salah satu penilaian oleh HRD lho !
    Selama masa probation juga kita harus bisa membangun networking yang baik dengan rekan kerja lain. Karna tidak menutup kemungkinan kita akan bekerja secara tim dan lintas divisi. Kamu bisa mulai dengan berkenalan secara formal ataupun informal. Berkenalan formal misalnya dengan selayaknya memperkenalkan diri dengan pegawai lain dan berkenalan informal dengan misalnya makan siang bersama di kantin. Harapannya ketika kenal dengan banyak orang memudahkan kita mengetahui letak koordinasi dari perusahaan tersebut.
  1. Berikan kinerja terbaik
    Poin paling utama HRD dalam menilai karyawan selain attitude adalah kinerjanya. Orang akan direkrut agar dapat menyelesaikan pekerjaan tertentu dengan performa yang baik. Kamu harus bisa menyelesaikan segala tantangan dari atasan dengan sebaik mungkin. Bisa jadi selama masa probation kamu akan mengalami kendala atau kesulitan. Oleh karena itu, jika kamu kurang memahami job desc mu atau menemui kendala kamu harus berani untuk menanyakan kepada rekan kerja atau atasan. Selain itu, melakukan time management juga penting untuk mengetahui tugas mana yang lebih prioritas dan menghindari dari stress kerja yang menyebabkan kinerjamu tidak optimal.
  1. Patuhi peraturan yang ada
    Setiap perusahaan pasti memiliki peraturannya masing-masing, misalnya waktu kehadiran, budaya kerja, dan lain-lain. Selama masa probation kamu wajib untuk dapat cepat menyesuaikan diri seperti yang perusahaan harapkan. Apabila ada kendala untuk dapat menyesuaikan dengan perusahaan kamu wajib untuk mengkomunikasikannya kepada atasan dan HRD agar segera dapat mencari solusi. Jangan sampai kamu melanggar peraturan dan memberikan kesan yang kurang baik tanpa adanya komunikasi dan koordinasi.
  1. Meminta evaluasi dan feedback
    Kamu bisa meminta evaluasi dan feedback secara rutin kepada atasan dan HRD, misalnya di setiap akhir bulan. Kamu bisa mengetahui hal apa saja yang sudah sesuai dan apa saja yang masih bisa terus dikembangkan dan diperbaiki. Selain untuk memperbaiki diri, perusahaan juga bisa melihatmu sebagai orang yang selalu ingin menjadi yang lebih baik setiap harinya dan menilai loyalitasmu kepada perusahaan. Kamu juga harus mempersiapkan diri untuk menerima kritik-kritik yang membangun.

Sekian tips untuk karyawan baru agar lolos masa probation. Yang paling penting adalah kamu bisa menyelesaikan tanggung jawabmu dengan totalitas dan profesional serta tidak melanggar hal-hal yang sudah ditentukan oleh perusahaan.

Referensi:
Chairunnisa, Q. 2021. Maba! Ini 9 Hal yang Nggak Boleh Kamu Lakukan di Awal Kuliah. Diambil dari https://www.rukita.co/stories/hal-yang-tidak-boleh-dilakukan-maba/. Pada tanggal 6 Maret 2023

Sanjaya, Y.C.A. 2023. 7 Hal yang Harus Dihindari Saat Awal Masuk Kuliah, Mahasiswa Baru Wajib Tahu! Diambil dari https://www.kompas.com/tren/read/2023/08/10/130000265/7-hal-yang-harus-dihindari-saat-awal-masuk-kuliah-mahasiswa-baru-wajib-tahu?page=all. Pada tanggal 6 Maret 2023

Penulis: Lintang Rizka Ramadhani, S.Psi.
Editor: Ira Setyawati, S.Psi., M.A.