BINUSIAN JOURNEY

Tips Lolos Management Trainee

Setelah lulus, mahasiswa tentunya berharap mempunyai pekerjaan yang bagus. Setelah bekerja, tentunya berharap akan mencapai jenjang karir dan prestasi kerja yang baik. Selain itu, perusahaan juga berlomba-lomba untuk membuat program karir demi mendapatkan calon talent yang bagus. Salah satu programnya adalah Program Management Trainee (MT). Program Management Trainee (MT) adalah salah satu program perekrutan karyawan baru, dimana kandidat yang lolos nantinya akan mendapatkan pelatihan dan pengetahuan tentang unit bisnis dan profil perusahaan, serta bertujuan untuk melatih dan mempersiapkan karyawan baru sehingga memiliki kualitas pada level manajerial perusahaan (Lianovanda, 2022). Program ini biasanya berjalan satu hingga dua tahun, dan lulusan Management Trainee (MT) dan kandidat akan mendapatkan pelatihan teori dan on the job training dalam kegiatan sehari-hari (Lianovanda, 2022). Perusahaan pasti akan melakukan seleksi yang lebih ketat untuk memilih orang karena akan diarahkan untuk memimpin perusahaan. Oleh karena itu, apabila kamu tertarik untuk menjadi seorang MT kamu harus mempersiapkannya mulai dari perkuliahan.

Nah, menjadi seorang MT mempunyai tanggung jawab yang lebih besar daripada general staff salah satu keuntungannya adalah gaji dan benefit yang diperoleh juga akan lebih tinggi. Sebagai MT pada setiap perusahaan tentu saja akan memiliki keuntungan yang berbeda-beda. Berikut untuk tips-tips yang perlu disiapkan sebelum melamar program MT, yaitu (Mulyanur, 2021):

  1. Set goal MT dan perusahaan mana yang akan kamu lamar
    Saat ini banyak sekali perusahaan yang membuka program MT. Persyaratan dan kualifikasi setiap perusahaan satu dengan yang lain mungkin saja tidak sama persis. Oleh karena itu, mulai dari sekarang cobalah untuk melakukan profilling terhadap perusahaan yang ingin kamu lamar. Selain itu, kamu juga bisa melakukan riset terhadap budaya kerja dari perusahaan tersebut. Kamu juga harus update berita dari perusahaan agar dapat mengikuti berita dan issue dari perusahaan tersebut. Untuk memperbanyak informasi kamu bisa melakukan riset pada beberapa perusahaan sekaligus ya!
  1. Aktif mengikuti kegiatan kampus (organiasi, volunteer, kepanitiaan)
    Seorang lulusan MT pada dasarnya akan dididik dan diarahkan untuk menduduki posisi strategis. Ketika menempati posisi tersebut sangat diperlukan berbagai skill mulai dari interpersonal, komunikasi, negosiasi, time management, leadership dan managerial. Skills tersebut bisa saja tidak hanya dipelajari di kelas, melainkan juga di organisasi. Ketika kamu mengikuti organisasi kamu akan berlatih kemampuan-kemampuan tersebut. Oleh karena itu, pastikan kamu bukan mahasiswa kupu-kupu ya! Aktif dan berkontribusilah baik di internal atau eksternal kampus!
  1. Latih kemampuan teknis melalui magang atau freelance
    Mengikuti magang atau freelance berguna untuk mengaplikasikan ilmu dari yang sudah dipelajari di kampus. Selain itu, magang juga memperbanyak relasi dengan profesional yang lain. Seorang recruiter akan lebih yakin terhadap kemampuan pelamar ketika pelamar tersebut sudah mampu memvalidasi ilmunya melalui kerja praktek lho! Kamu bisa mencari tempat magang yang benar-benar menambah ilmu, kompetensi dan relasimu. Oleh karena itu, kamu perlu melakukan riset perusahaan sebelum melamar magang.
  1. Kuasai bahasa Asing
    Bagi perusahaan mutinasional Bahasa Inggris bisa jadi kemampuan wajib yang harus dimiliki oleh peserta MT. Bahasa Inggris akan digunakan sebagai bahasa komunikasi ketika berkoordinasi, rapat, atau berdiskusi dengan tim mancanegara. Kamu bisa mengasah kemampuan tersebut melalui memperbanyak membaca dan mendengar literasi tentang Bahasa Inggris, atau mengikuti kursus. Tidak jarang juga banyak perusahaan yang mencantumkan untuk nilai TOEFL tertentu. Jangan lupa dipersiapkan ya!
  1. Perluas koneksi dengan lulusan MT
    Koneksi juga tidak kalah penting! kamu bisa bertanya mengenai pengalaman proses MT kepada kakak tingkat atau relasimu yang sebelumnya telah diterima MT. Membangun jaringan relasi dengan lulusan MT akan dapat menambah wawasanmu seputar program-program yang berlangsung. Kamu juga bisa meminta tips ketika pelaksanaan seleksi.

Dapat disimpulkan bahwa proses seleksi Management Trainee tidak mudah, dan biasanya akan melewati banyak tahapan dalam rekruitmen. Penting buat kamu untuk mempersiapkan diri sebelum mendaftar Program Management Trainee. Jadi yuk aktif selama kamu kuliah.

Referensi:
Lianovanda, D. 2022. Apa itu Management Trainee? Pengertian, Tugas, Gaji, dan Keuntungannya. Diambil dari https://blog.skillacademy.com/keuntungan-management-trainee-yang-selalu-jadi-incaran-fresh-graduate. Pada tanggal 6 Maret 2023.

Mulyanur, S. F. 2021. 8 Kunci Sukses untuk Kamu yang Akan Mengikuti Management Trainee. Diambil dari https://glints.com/id/lowongan/tips-sukses-mengikuti-management-trainee/#.Y-hTonZBzIU. Pada tanggal 6 Maret 2023.

Penulis: Lintang Rizka Ramadhani, S.Psi.
Editor: Ira Setyawati, S.Psi., M.A.