BINUSIAN JOURNEY

Kebiasaan yang dapat menghambat karir

  1. Sulit diajak komunikasi dan bekerja sama dengan tim
    Kemampuan berkomunikasi sangat penting dibutuhkan dimana saja, termasuk untuk di pekerjaan. Komunikasi yang baik dapat meningkatkan motivasi seseorang dalam bekerja dan bisa mempengaruhi seseorang menjadi lebih giat dalam bekerja. Komunikasi yang buruk akan berdampak pada motivasi dan menimbulkan konflik. Untuk mengasah skill komunikasi sebelum bekerja kamu bisa mengikuti berbagai organisasi dan kepanitiaan saat masih kuliah. Dengan hal tersebut skill komunikasimu dapat terasah karena harus banyak melakukan koordinasi dengan orang lain.
  1. Terlalu mudah menyerah dan tidak bisa mengatasi tekanan di dunia kerja
    Sebuah pekerjaan pasti akan ada tantangan yang harus dihadapi oleh setiap orang. Orang yang terlalu mudah menyerah dan tidak bisa mengatasi tekanan akan stuck pada posisi yang sama dalam jangka waktu yang lama. Sehingga kenaikan karier pun akan terhambat. Ketika kita mudah menyerah saat menghadapi kesulitan akan berdampak pada tingkat kepercayaan diri terhadap skill yang kita miliki jadi menurun dan tidak berkembang.
    Untuk mengatasi tekanan kerja kamu bisa menganalisis tugas menggunakan skala prioritas. Kamu bisa memilih mana pekerjaan yang penting untuk diselesaikan terlebih dahulu. Selain itu kamu juga harus fokus terhadap satu tugas terlebih dahulu agar tugas dapat diselesaikan secara maksimal.
  1. Selalu mengulangi kesalahan yang sama
    Melakukan suatu kesalahan merupakan hal yang wajar, namun melakukan kesalahan yang sama dalam waktu beberapa kali adalah hal yang kurang bisa ditoleransi. Apabila kamu melakukan hal tersebut bisa jadi kamu belum mampu berubah untuk menjadi yang lebih baik. Kamu harus membuat strategi baru untuk mengatasi suatu masalah. Selain itu, dampak ketika kita sering melakukan kesalahan yang sama adalah kita jadi tidak mudah dipercaya orang lain untuk melakukan suatu pekerjaan. Mereka akan beranggapan apabila ketika kita mengerakkan pasti hasilnya tidak akan maksimal. Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk bisa mengambil pelajaran dari setiap kesalahan yang pernah terjadi agar tidak mudah melakukan hal yang sama.
  1. Terlalu muda merasa puas terhadap kemampuan yang dimiliki
    Terlalu mudah untuk merasa puas adalah sifat yang harus dihindari. Ketika kita cepat merasa puas akan menghambat pengembangan diri dari yang kita miliki. Kepuasan dapat membuat terlena sehingga kamu tidak ingin melakukan hal yang lain. Padahal apabila kamu memiliki keinginan untuk belajar lebih jauh maka bisa jadi kita akan mencapai pada titik yang lebih tinggi.
  1. Tidak bisa menerima masukan orang lain
    Ketika kita bekerja bisa jadi kita akan banyak berinteraksi dengan orang lain. Dan orang lain tersebut bisa jadi ingin memberikan masukan, saran, bahkan kritik untuk diri kita. Menerima kritik memang bukanlah hal yang mudah, terlebih apabila kritik tersebut bukanlah hal yang ingin kita dengar. Sebagai manusia yang baik kita harus mampu menjadi bijak dalam menerima kritik dengan lapang dada. Karena apabila tidak dilakukan akan menimbulkan banyak hal negatif antara lain kita menjadi orang yang gampang tersinggung, dijauhi dan susah bergaul, susah keluar dari zona nyaman, serta takut menghadapi kenyataan.
  1. Moody sehingga hasil kerja tidak konsisten
    Ketika sedang bekerja dan merasa badmood pasti kita akan sulit untuk produktif. Dan terkadang kita juga kesulitan untuk menjaga sikap saat sedang merasa badmood. Orang lain tentu saja akan menjaga jarak dengan kita karena sikap yang menyebalkan tersebut. Oleh karena itu, kamu harus lebih pintar untuk mengelola suasana hati terlebih apabila bekerja dengan orang lain. Yang pertama harus dilakukan adalah kamu harus mengenali penyebab suasana hati kamu menjadi buruk sehingga kamu bisa menghindari hal tersebut. Setelah hal tersebut sudah diketahui dan kamu merasa suasana hati kamu menjadi buruk kamu bisa mencari kegiatan lain agar suasana hatimu kembali bagus.

Referensi:
Damayanti, D. 2019. Tidak Bisa Menerima Kritik, 5 Dampak Ini Akan Kamu Rasakan Lho. Diakses pada tanggal 20 Maret 2023. https://www.idntimes.com/life/inspiration/daysdesy/dampak-tidak-bisa-menerima-kritik-c1c2?page=all

Ismi, T. 2023. 5 Kiat Mengatasi Bad Mood saat Bekerja agar Tetap Profesional. Diakses pada tanggal 20 Maret 2023. https://glints.com/id/lowongan/cara-mengatasi-bad-mood/#.Y_DWrnZBzIU

Penulis: Lintang Rizka Ramadhani, S.Psi.
Editor: Ira Setyawati, S.Psi., M.A.