BINUSIAN JOURNEY

Bahaya Mental Block Untuk Pengembangan Diri

Terkadang ketika melakukan sesuatu yang baru atau cukup menantang kita berpikiran bahwa kita tidak bisa melakukan hal tersebut sehingga dapat menghambat aktivitas. Sebuah pemikiran tersebut disebut juga dengan istilah Mental Block. Kondisi tersebut merupakan salah satu upaya penolakan atas sejumlah aksi karena kurangnya rasa percaya diri. Karena mindset tersebut seseorang menjadi tidak bisa melakukan banyak hal untuk mengembangan kemampuan diri.

Datangnya mental block berasal dari ketidakyakinan dalam diri yang berasal dari pikiran tidak sadar dan kemudian ditransfer ke pikiran sadar. Apabila kita ingin mengembangkan diri pada banyak bidang maka kita harus menghilangkan mental block untuk dapat membuka diri dalam belajar dan melakukan banyak hal baru.

Ciri-ciri seseorang yang mengalami mental block antara lain: tidak percaya terhadap kemampuan pribadi, takut untuk gagal, khawatir terhadap komentar orang lain, cemas berlebihan, mempunyai perasaan yang tidak berharga, malas, kemampuan tidak berdaya, dan mempunyai konflik dalam diri.

Alasan kenapa mental block menjadi penghambat pengembangan diri antara lain ;

  1. Seseorang yang mempunyai mental block akan merasa ragu terhadap upaya-upaya yang telah ia lakukan. Ia akan merasa apapun yang dilakukannya memiliki value yang tidak berharga dan timbul rasa keraguan. Dengan begitu orang tersebut memilih untuk tidak melakukan apa-apa karna tidak percaya akan hasil yang akan Ia peroleh.
  2. Memiliki pola pikir fix mindset atau pola pikir tetap. Biasanya ketika seseorang memiliki fix mindset ia akan bersikukuh pada pola pikir tersebut. Misalnya seseorang yang mengatakan “aku tidak bisa public speaking, dan hal tersebut sangat sulit”. Seseorang dengan fix mindset akan selalu berpikiran hal tersebut sehingga Ia tidak akan mau mencoba dan belajar untuk menjadikan skill tersebut bisa ia lakukan dengan baik.
  3. Memiliki perasaan pesimis. Perasaan ini berupa pemikiran negatif yang bisa membuat kamu mengabaikan kemampuan diri sendiri. Orang yang memiliki sifat ini sering menganggap diri sendiri gagal dan merasa apa yang dikerjakannya tidak akan berjalan dengan baik. Misalnya menganggap presentasi akan berjalan dengan buruk sehingga dapat menimbulkan perasaan tidak bersemangat dan meragukan kemampuan diri sendiri, kemudian berakhir dengan tidak maksimal.

Agar mental block tidak mendominasi mindset ada beberapa hal yang bisa kita kerjakan antara lain :

  1. Kenali mental block yang kamu alami
    Pentingnya kita mengenali diri kita sendiri adalah memahami apa yang sedang dirasakan dan dipikirkan dan apakah hal-hal tersebut yang berdampak baik ataupun sebaliknya. Ketika kamu mengetahui ada pemikiran-pemikiran yang mengarah kepada mental block sebaiknya kamu segera menyadari bahwa hal tersebut tidak seharusnya terjadi.
  1. Identifikasi kepan mental block tersebut muncul
    Mental block yang dirasakan seseorang bisa saja terjadi karena banyak faktor. Misalnya kurang memiliki keterampilan, belum menguasai audience saat public speaking, tidak mempunyai ilmu, pengalaman orang lain akan kegagalan, dan lain sebagainya sehingga tidak percaya diri. Kamu harus dapat mengidentifikasi kapan biasanya mental block tersebut muncul. Coba segeralah cari tahu apa penyebab mental block tersebut muncul. Apakah berhubungan dengan keterampilan, pengetahuan, situasi, dan lain sebagainya.
  1. Menyusun action plan untuk menghindari mental block
    Seperti contoh sebelumnya, seseorang tersebut melakukan mental block karena kurangnya suatu kompetensi. Sehingga dapat disarankan agar seseorang tersebut mempunyai rasa percaya diri yang baik maka dia harus dapat belajar dan melakukan praktik. Apabila seseorang tersebut memilih untuk dapat diam dan tidak melakukan action akan mengakibatkan dia tidak mengalami peningkatan kompetensi.
  1. Mulai melakukan sesuatu dari yang paling mudah
    Ketika akan melakukan sesuatu yang baru coba lakukanlah dari yang paling mudah. Perasaan berhasil dalam melakukan sesuatu akan menambah rasa kepercayaan diri dan dapat meringankan beban pikiran. Jangan memaksakan sesuatu berlebihan hingga akhirnya dapat membuat kita merasa khawatir.
  1. Carilah lingkungan yang mendukung
    Tidak bisa dipungkiri bahwa lingkungan menjadi salah satu faktor penting apabila kita ingin mengembangkan diri kita kearah yang lebih baik. Contohnya ketika kamu ingin mempelajari bahasa Inggris carilah lingkungan yang sudah terbiasa untuk berkomunikasi dengan Bahasa Inggris dan mereka terbuka untuk orang yang masih dalam tahap belajar. Memiliki lingkungan yang mempunyai tujuan sama akan memberikanmu motivasi dan semangat untuk bisa terus berkembang.

Referensi :
Overcoming Mental Blocks. 2023. Diakses tanggal 20 Maret 2023. https://www.tonyrobbins.com/mental-health/getting-over-a-mental-block/

Penulis: Lintang Rizka Ramadhani, S.Psi.
Editor: Ira Setyawati, S.Psi., M.A.