BINUSIAN JOURNEY

Tips Memilih Tempat Magang

Magang atau internship adalah suatu program belajar sekaligus latihan bekerja dengan cara langsung pada sebuah perusahaan selama periode waktu tertentu. Program magang ini sangat disarankan untuk diikuti mahasiswa baik yang sifatnya wajib dari perguruan tinggi atau mandiri. Kegiatan ini menjadi salah satu sarana bagi mahasiswa dalam mengaplikasikan ilmu dan menambah pengalaman kerja di perusahaan besar atau bahkan start-up sekalipun.

Mahasiswa perlu menentukan tujuan dalam kuliah sehingga bisa membuat perencanaan karir sejak dini sebelum berkuliah bahkan di bangku sekolah. Misalnya kamu memilih jurusan Psikologi karena ingin berkarir sebagai HR Profesional dan dunia industri, sehingga kamu akan lebih terarah dalam mengambil magang di perusahan dan peran posisi yang sebaiknya diambil.

“Learning is a journey, not destination” seringkali dianalogikan dengan proses pembelajaran yang dapat ditempuh dengan berbagai cara, salah satunya dengan metode 70/20/10. Metode 70/20/10 adalah metode yang digunakan untuk pengembangan SDM dengan formula pembelajaran 70% experiential learning, 20% social learning, dan 10% formal learning. Oleh karena itu, program magang menjadi tempat implementasi bagi mahasiswa dalam mempraktikkan apa yang telah diperoleh di bangku perkuliahan. Program magang ini tentu saja memiliki banyak manfaat seperti mendapatkan pengalaman untuk bekerja, mengembangkan keterampilan, meningkatkan relasi dalam lingkungan yang profesional, meningkatkan kualitas diri dan kepercayaan diri, dan mengeksplore berbagai karir.

Nah, supaya program magang ini ada peningkatan skill, ada beberapa hal yang perlu kamu pastikan sebelum menjalani proses magang yaitu:

  1. Lakukan Riset terhadap perusahaan dan budaya kerjanya
    Magang berarti sama dengan latihan kerja. Ketika latihan bekerja pastikan kamu mendapatkan job description atau tanggung jawab yang sesuai dengan bidang disiplin ilmu yang sedang kamu tekuni. Dan selama periode waktu tertentu tersebut kamu harus berkomitmen untuk menyelesaikan magang hingga tuntas. Penting untuk mengetahui latar belakang dari perusahaan yang kamu tempati, misalnya berdasarkan kakak tingkat atau kesepakatan Mou antara perusahaan dan perguruan tinggi. Hal ini tentu saja akan membantu untuk mencari perusahaan magang yang sesuai dengan keinginan kamu, dan lebih cepat untuk beradaptasi karena mendapatkan gambaran kerja dan program magang akan berjalan lebih optimal.
  1. Pastikan job description yang ditawarkan sesuai dengan tujuan karirmu
    Dengan magang bisa menjadi salah satu jalan dalam mengejar karir yang sudah kamu impikan. Kamu bisa memvalidasi ilmu yang telah dipelajari di perkuliahan untuk dapat dipraktikkan secara langsung. Tanyakan ke HRD terkait gambaran besar tugasmu selama magang nanti. Jangan sampai kamu magang pada posisi yang memang bukan menjadi tujuanmu dalam berkarir.
  1. Pastikan kamu akan mendapatkan mentor
    Selama magang bisa jadi ilmu yang sudah dipelajari dari kampus harus disesuaikan kembali dengan kondisi di masing-masing perusahaan. Pastikan ke HRD sebelum kamu menandatangani kontrak magang bahwa kamu akan dibimbing oleh mentor yang ahli pada bidang yang akan kamu pelajari. Harapannya kamu bisa belajar secara professional dengan arahan-arahan yang sesuai.
  1. Pastikan durasi sesuai dan fokus untuk magang
    Apabila magang yang kamu ikuti adalah kewajiban dari kampus pastikan durasi magang sesuai dengan yang diprasyaratkan. Selain itu, kamu harus bisa mengkomunikasikannya kepada mentor dan HRD bahwa hal-hal pembelajaran yang ingin dicapai selama magang berlangsung. Selama magang juga dianjurkan untuk fokus, tidak diganggu dengan kegiatan-kegiatan lainnya di luar kerja.

Jadi, kamu sudah bisa mulai kan buat mencari tempat magang.! Dimanapun tempat magangnya selama perusahaan dan kamu saling memenuhi hak dan kewajiban akan membentuk hubungan yang mutualisme dan pastikan niat kamu dalam magang adalah mencari pengalaman, relasi dan pembelajaran sehingga proses magang menjadi menyenangkan dan lancar.

Referensi :
2020. Apa Sih Manfaat Magang bagi Mahasiswa?. Diambil dari https://www.gokampus.com/blog/apa-sih-manfaat-magang-bagi-mahasiswa?hideHeader=false. Pada tanggal 26 Januari 2023

Romanti, A. R. A. Mahasiswa, Inilah Manfaat Magang!. Diambil dari https://itjen.kemdikbud.go.id/web/mahasiswa-inilah-manfaat-magang/. Pada tanggal 26 Januari 2023

Penulis: Lintang Rizka Ramadhani, S.Psi.
Editor: Ira Setyawati, S.Psi., M.A.