BINUSIAN JOURNEY

Situs Untuk Cek Standar Gaji

Setelah melewati berbagai tahapan dalam proses seleksi kerja, diakhiri dengan offering yang salah satunya berkaitan dengan gaji yang diberikan perusahaan. Terkadang sulit bagi fresh graduate untuk mengetahui standar gaji yang bisa mereka peroleh agar mempunyai pandangan terhadap rata-rata gaji yang diperoleh dalam melakukan riset sebelum proses negosiasi.

Berikut beberapa situs yang bisa kamu gunakan untuk riset gaji yaitu

  1. Payscale
    Payscale adalah situs yang memberikan informasi gaji berdasarkan perusahaan, jenis pekerjaan, tingkat pendidikan, skill dan sertifikasi yang telah dimiliki, serta asal almamater. Payscale dapat diakses melalui alamat https://www.payscale.com/.  Cara penggunaannya pun cukup mudah setelah login pada situs kamu bisa mulai melakukan pencarian melalui bagian “salary reserch”, lalu klik “kategori” sesuai yang kamu inginkan. Kamu bisa menemukan informasi gaji dari pekerjaan yang ada di suatu perusahaan. Kelebihan dari situs ini adalah adanya bagian “compare employers”  yaitu membandingkan tingkat kepuasan, stres, dan perbandingan gender suatu perusahaan dengan kompetitornya. Perlu diketahui untuk menggunakan seluruh fitur situs ini secara lengkap kamu diharuskan untuk berlangganan, namun kamu bisa menggunakan opsi trial untuk mencoba beberapa fitur demo. Selain itu, kebanyakan informasi data masih terbatas pada perusahaan luar negeri.
  1. Jobplanet.com
    Jobplanet.com atau https://id.jobplanet.com/ merupakan aplikasi penyedia informasi seputar gaji yang dilengkapi dengan lowongan kerja dan lengkap dengan forum diskusi. Aplikasi ini baru diresmikan dari negara asalnya yaitu Korea Selatan ke Indonesia pada tahun 2015 yang lalu. Keunggulan dari aplikasi ini adalah tidak hanya menyediakan lowongan pekerjaan namun fokus utamanya adalah penyedia informasi seputar pekerjaan antara lain ulasan (review) dari suatu perusahaan, informasi gaji, serta kisi-kisi wawancara di suatu perusahaan.

    Cara kerja dari Jobplanet.com adalah dengan mengumpulkan review dari ratusan ribu reviewer kemudian fakta tersebut diubah menjadi data oleh tim Jobplanet.com kemudian di unggah untuk bisa diakses oleh pekerja yang membutuhkan. Hingga saat ini Jobplanet.com telah memiliki database dari 20.000 perusahaan dengan 80.000 ulasan. Jumlah anggotanya diklaim mencapai 200.000 orang.

  1. Gajimu.com
    Gajimu.com (https://gajimu.com/) merupakan situs  lokal yang berbasis di Belanda dan di bawah naungan The Wagelndicator Foundation, di Amsterdam. Tujuan lahirnya situs ini adalah untuk membantu menyadarkan para pekerja di dunia akan “value” dari mereka dengan kata lain founder dari gajimu.com ingin memberikan pekerja gambaran standar gaji yang bisa mereka peroleh sesuai dengan profesi dan keahlian mereka. Melalui aplikasi ini setiap pekerja dapat membandingkan gajinya dengan rekan-rekan yang mempunyai bidang yang sama di Indonesia bahkan di luar negeri. Data dari gajimu.com juga diperoleh dari pekerja yang mengisi survei dan saling membagikan informasi khususnya tentang gaji. Pengoperasian dari situs ini cukup mudah, yaitu dengan membuka kolom “gaji” kemudian pilih “cek gaji”, dan tuliskan jenis pekerjaan yang ingin kamu ketahui. Selain itu, untuk mendukung data kamu akan diminta untuk mengisi beberapa pertanyaan misalnya pendidikan, jenis kelamin, dan pengalaman.  Setelah melengkapi pertanyaan yang diajukan informasi terkait kisaran gaji akan muncul. Selain itu, informasi juga dapat diakses melalui grafik yang menunjukkan kenaikan gaji dalam durasi bekerja tertentu. Kelebihan dari situs ini adalah selain informasi tentang gaji kamu juga bisa mengetahui biaya hidup di lokasi tersebut, pajang hingga hukum ketenagakerjaan.

Selain itu, kamu bisa mencari referensi lainnya, seperti menanyakan kepada temanmu yang bekerja pada bidang yang sama, atau melalui referensi UMP/UMK yang diterbitkan oleh pemerintah, serta bisa mencari referensi gaji dari perusahaan lain melalui job site misalnya Indeed atau Glints.

Referensi :
Arviana, G. N. 2021. 3 Website Terpercaya untuk Mengetahui Standar Gaji Pekerjaanmu. Diambil dari https://glints.com/id/lowongan/situs-cek-gaji-perusahaan/#.Y8_VWnZBzIV. Pada 26 Januari 2023

Bergen, A. 2022. Best salary comparison sites of 2023. Diambil dari https://www.moneyunder30.com/best-salary-information-websites. Pada 26 Januari 2023

David, V. 2022. The 10 Best Salary Websites to Check Before Your Pay Review. Diambil dari https://www.careeraddict.com/5-best-salary-websites-to-check-before-your-next-salary-negotiation. Pada 26 Januari 2023

Penulis: Lintang Rizka Ramadhani, S.Psi.
Editor: Ajeng Diah Hartawati, M.Psi., Psikolog