BINUSIAN JOURNEY

Peluang Kerja di Era Digital 2023

Hi teman-teman, bagaimana strategi kalian untuk menyusun perjalanan karir tahun 2023? Oh ya, masa kini perkembangan dunia digital akan semakin pesat dalam memberikan peluang bisnis.

Selama pandemi Covid-19 berlangsung, kita sebagai individu menjadi merasa nyaman bekerja dengan metode W.F.H (Work From Home) atau W.F.A (Work From Anywhere) yang tidak mengharuskan untuk pergi ke kantor dan akhirnya banyak peluang-peluang karir di tahun 2023 ini masih menerapkan bisnis secara online.

Nah kamu harus pintar dalam mencari peluang karir dan strategi berbisnis ditahun ini secara digital, dengan tujuan untuk menekan modal atau pengeluatan yang minim tetapi dapat menghasilkan keuntungan yang lumayan.

Dan berikut ini beberapa contoh pekerjaan di dunia digital yang dapat kamu lirik untuk tahun 2023 :

  1. Bisnis Craft
    Bisnis craft atau pernak-pernik jadi kian laris kala pandemik berlangsung dikarenakan kemudahan membeli secara online menjadi sebabnya. Kamu dapat mencoba kreasi-kreasi dari furnitur, bando, ikat rambut, manik-manik hingga pernak-pernik lainnya.
  2. Reseller
    Reseller adalah orang yang membeli produk dari toko atau pihak lain, produknya tidak untuk dikonsumsi atau digunakan secara pribadi, tetapi untuk dijual kembali. Tujuannya adalah memperoleh keuntungan dari penjualan tersebut.
  3. Dropshipper
    Dropshipper merupakan suatu bisnis penjualan yang hanya perlu memasarkan dan menjual produk dari pihak lain, tanpa harus membeli atau menyetok produk tersebut.
  4. Affiliator
    Affiliator adalah profesi yang berperan dalam mempromosikan produk pada konsumen. Tugasnya menjalankan sistem marketing suatu bisnis dengan mengajak beberapa individu untuk merekomendasikan produk atau jasa mereka.
  5. Content Writer atau Copywtiter
    Digital experience dan content marketing diprediksi akan terus berlanjut di tahun mendatang. Digital experience sudah mulai mengubah perilaku berbelanja mereka menjadi secara online. Misalnya Live Shopping dengan menyampaikan informasi produk dan katalog untuk meningkatkan kepuasan penonton atau konsumen.

Bagaimana teman-teman? Sudah menentukan pekerjaan digital apa yang ingin kamu tekuni?

Disusun oleh : Zia, S. Psi, M. Psi, Psikolog.