BINUSIAN JOURNEY

Agar menjadi HR yang Handal

HR Recruiter atau HRD merupakan jasa dibutuhkan oleh setiap perusahaan dari seluruh sektor bisnis yang berlaku. HR recruiter membantu orang lain untuk menemukan pekerjaan yang tepat.

Berikut ini beberapa tips jitu untuk kami yang ingin menjadi HR recruiter yang handal :

  1. Latar pendidikan : Syarat menjadi HR recruiter adalah memiliki gelar minimum Strata 1 (S1). Umumnya jurusan yang dapat menjajaki profesi ini antara lain : Psikologi, Management dan Hukum.
  2. Mampu jadi pendengar yang aktif : Menjadi pendengar aktif merupakan teknik yang harus diterapkan untuk mendengarkan jawaban kandidat saat interview. Dengan memberkan sedikit empati untuk hal-hal yang mereka jelaskan atau ceritakan.
  3. Komunikasi : Mampu berkomunikasi dengan calon kandidat merupakan hal yang diperlukan oleh HR recruiter karena hal ini akan menentukan dalam memilih kandidat yang potensial untuk perusahaannya.
  4. Manajemen waktu : Pandai mengatur waktu dapat membuat perekrut memenuhi tenggat waktu atau deadline perekrutan, hal ini guna mengontrol jalannya proses tes dan wawancara.
  5. Pengambilan keputusan : Perekrut harus dapat meninjau lamaran kandidat dan memberikan keputusan, apakah mereka memenuhi kualifikasi untuk diterima pada posisi yang dilamar.
  6. Ikut pelatihan atau Sertifikasi : Dengan mengikuti program sertifikasi atau pelatihan, kamu bisa meningkatkan potensimu dibidang HR agar semakin membuka peluang untuk dilirik oleh perusahaan.

Nah, teman-teman beberapa hal diatas adalah cara untuk jadi HR yang bisa kamu lakukan. Selamat mencoba ya!

Disusun oleh : Zia, S. Psi. M. Psi, Psikolog