BINUSIAN JOURNEY

Seminar Karir: Enhance Career as A Data Scientist

Jumat, 20 Januari 2023, Jam 13.30 – 15.00 WIB
Online Via Zoom
Jumlah Peserta 483 orang

Data Science merupakan pendekatan multidisiplin untuk melihat sebuah pola dan mendapatkan insights dari sebuah data. Insight ini dapat digunakan sebagai acuan pengambilan keputusan dan menentukan rencana strategi. Saat ini banyak lowongan pekerjaan yang dibuka untuk posisi yang berkaitan dengan data science. Seseorang yang menguasai data science menjadi salah satu yang banyak dicari oleh industri. Melihat besarnya peluang dan kebutuhan industri tersebut, Career Development – Internship Center BINUS, Employability & Entrepreneurship Center BINUS Bekasi dan Alam Sutera, bekerjasama dengan PT Hacktivate Teknologi Indonesia (Hacktiv8) mengadakan kegiatan seminar ini. Hacktiv8 merupakan salah satu platform yang menyediakan data science course di Indonesia. Hacktiv8 memiliki visi mentransformasi para pemula untuk menjadi digital talent yang siap bekerja. Salah satu metode pembelajaran yang disediakan yaitu dalam bentuk program bootcamp.

Tujuan dari kegiatan ini adalah memberi gambaran kepada Binusian mengenai peluang kerja, cara mempersiapkan diri, dan memberi gambaran mengenai proses untuk menjadi seorang data scientist yang sukses. Sardi Irfansyah (Data Science Bootcamp Instructor Hacktiv8) yang menjadi narasumber pada seminar ini memberi gambaran bahwa berbagai profesi yang terkait dengan data science antara lain data anayst, data engineer, data scientist, dan Machine Learning (ML) engineer. Jumlah lowongan kerja yang dibuka untuk keempat profesi tersebut bisa dibilang cukup banyak. Pada tahun 2022, di USA, terdapat lowongan kerja sebanyak 13.657 posisi Data Analyst, 11.821 posisi Data Engineer, 10.071 posisi Data Scientict, dan 6.801 posisi ML Engineer. Rata-rata gaji dari seorang ML Learning adalah $130,489, Data Scientist $120,000, Data Engineer $113,960, dan Data Analyst $74,224 (www.glassdoor.com). Besarnya peluang dan kemungkinan mendapat gaji yang bagus dari profesi tersebut tentu saja bisa dicapai dengan memiliki kemampuan dibutuhkan oleh industri.

Sardi juga menyebutkan technical skills yang dibutuhkan dan perlu dipersiapkan sebagai Data Scientist, diantaranya Math & Statistics, Bahasa pemrograman (Python, R, SQL, dll), Databases (MySQL, MongoDB, PostgreSQL), dan Machine Learning/Deep Learning & Big Data. Sedangkan untuk soft skills yang dibutuhkan antara lain problem solving, storytelling, collaboration, dan creativity. Untuk menguasai salah satu, beberapa, atau seluruh kemampuan tersebut, proses belajar bisa didapat dari berbagai program yang ada di Universitas maupun mengambil program di luar kampus seperti program bootcamp di Hacktiv8.

Kegiatan ini berjalan dengan lancar dari awal hingga akhir acara. Narasumber dan peserta terlihat aktif dan interaktif. Nah jika kamu terlewat dan ingin mengetahui lebih detail terkait kegiatan ini, bisa dicek pada link https://www.youtube.com/watch?v=alvxKW5tKkY&t=1091s. Berikut untuk dokumentasi kegiatan yaitu:

Disusun: Ajeng Diah Hartawati, S.Psi, M.Psi, Psikolog.
Editor: Ira Setyawati, S.Psi., M.A.