BINUSIAN JOURNEY

Cara Meningkatkan Peluang Karir di 2023

Tahun baru menjadi langkah baru buat merencanakan sesuatu, misalnya perencanaan peningkatan karier dengan beberapa hal. Pastinya kamu tidak ingin bila kariermu tidak berkembang, kan? Yuk simak beberapa cara untuk meningkatkan karir berikut ini :

  1. Memperbanyak Skill atau Kursus
    Kamu bisa mengambil kursus online yang dapat menunjanh pekerjaanmu lho, hal ini guna untuk mengembangkan kompetensi yang menunjang kariermu untuk lebih kompetitif di dunia kerja. Beberapa contoh kursus yang bisa diambil yakni antara lain : UIUX, Data Analytics, Social Media Spesialist, Digital Marketing dan kursus lainnya.
  1. Lakukan Langkah-langkah Kecil
    Pada tahun 2023 ini, kamu harus mulai merancang langkah-langkah kecil untuk sepanjang tahun agar mencapai tujuan besarmu dengan cepat. Misalnya buat agenda perminggu atau perbulan untuk beberapa waktu kedepan dan mulai merelalisasikannya satu persatu dengan target yang kamu buat.
  1. Mulai Jalin Koneksi Profesional
    Jangan lewatkan perkenalan dengan orang baru, terlebih lagi dengan kolega-kolega yang relevan dengan pekerjaanmu. Jalin komunikasi secara intens untuk sekali menyapa, menanyakan kabar atau bertanya tentang peluang karir yang mungkin ada, hal ini agar dapat membuka wawasan dan kesempatan untuk membantu terbukanya jalan karir yang lebih baik. Kamu bisa menjalin relasi profesional melalui LinkedIn atau masuk dalam komunitas yang relevan dengan karirmu.
  1. Menguji Diri
    Mencoba keluar dari zona nyaman dapat membuatmu harus mengeksplore berbagai hal yang melampaui bidang keahlianmu. Dalam dunia kerja, semuanya bisa saja dipelajari dan dikuasai asalkan ada kemauan dan niat untuk belajar. Mulailah melatih diri untuk berbicara di depan umum, memberanikan diri untuk presentasi report pekerjaan didepan atasan atau rekan kerja.
  1. Belajar Menerima Masukan atau Kritik
    Belajarlah untuk menerima masukan dan kritikan secara profesional. Dengarkan kritikan yang membangun dan terima masukan yang positif untuk jalan karirmu. Kritikan pedas mungkin terkesan kejam, namun jika memang berguna, maka terimalah dengan bijaksana serta jika diberi masukan maka terimalah dengan lapang dada karena dari hal itu, kamu bisa belajar memahami dan mengetahui kelemahan diri yang kamu punya.
  1. Temukan Tempat Kerja yang Sesuai dengan Gayamu
    Sama halnya seperti manusia, perusahaan atau tempat kerja juga punya memiliki ciri khas tersendiri dan tidak semua tempat kerja akan sesuai atau cocok dengan karaktermu. Budaya kerja perusahaan atau tempat kerja akan menentukan aspek jalan karirmu. Sebelum melamar ke perusahaan coba untuk melihat website (visi-misi perusahaan, gambaran suasana kantor), membaca atau cek review di google dan diriset dahulu ya. Semoga karier kalian menanjak di tahun 2023, Aamiin.

Disusun oleh : Zia, M. Psi, Psikolog.