BINUSIAN JOURNEY

Resolusi Tahun 2023

Tahun 2022 sudah hampir berakhir, banyak hal yang terjadi dari yang pengalaman pahit hingga yang manis. Memasuki tahun baru, biasanya setiap orang akan mulai menyusun resolusi yang ingin dicapai. Resolusi merupakan proses perbaikan diri menjadi pribadi yang lebih baik, dan sebaiknya dibuat lebih spesifik, serta terukur.

Namun buat kamu yang belum mempunyai resolusi yang ingin dicapai, yuk kita buat yang sederhana terlebih dahulu.

  1. Pola hidup lebih sehat.
    Tuntutan tugas dan tanggungjawab kerja seringkali membuat kita menjalani pola hidup tidak sehat. Makan tidak teratur, tidak menjaga asupan gizi makanan yang dikonsumsi, begadang, jarang berolahraga, banyak mengkonsumsi gula dan garam seringkali tanpa sadar sering kita lakukan. Yuk kita mulai dengan mengurangi konsumsi gula dan garam dengan mengurangi minuman/makanan manis dan junkfood. Serta perbanyak langkah kaki setiap harinya.
  2. Menjadi lebih bahagia dan bersyukur.
    Ukuran kebahagiaan tidak bisa diukur dengan orang lain. Kebahagiaan kita diukur dengan diri kita sendiri, dari kemampuan atau kerja keras kita sendiri. Tidak membandingkan diri kita dengan orang lain karena setiap orang memiliki jalan masing-masing sehingga akan membuat kita menjadi lebih bersyukur atas apa yang kita miliki dan membuat hidup kita menjadi lebih bahagia.
  3. Tulus mencintai diri sendiri.
    Mencintai diri sendiri dan menerimanya dengan tulus walaupun sederhana, tapi dapat berdampak besar dalam hidup kita. Bila kita mencintai diri karena terpaksa tentu hal itu tidak akan berdampak baik bagi kesehatan mental.
  4. Susun daftar dengan detail
    Dalam membuat resolusi tahun baru secara detail mengenai hal yang ingin dicapai, dan cara yang akan ditempuh untuk mencapainya. Buat detail agar lebih mudah dijalani.
  5. Buat timeline dan jangan melakukannya sekaligus
    Jika sudah membuat detail resolusi tahun baru, mulai mengecek pada diri sendiri untuk keinginan yang ingin diwujudkan. Jangan ingin mengubah semua sekaligus, tapi ubahlah dengan perlahan dan konsisten. Buat timeline untuk capaian waktu yang realistis, dimana kamu memiliki cukup waktu dalam mewujudkan resolusi dan melakukan berbagai aktivitas seharian yang biasanya dilakukan.

Nah paling tidak dengan resolusi sederhana di tahun 2023 akan membuat hidup kita menjadi lebih berkualitas. Yuk segera rencanakan resolusi kamu di tahun 2023 ini dengan resolusi yang sederhana dan mudah dilakukan.

Oleh: Ira Setyawati, S.Psi., M.A.

Sumber dari:
Dianawuri, L. 2022. Cara Membuat Resolusi 2023 yang Anti Gagal dan Pengertiannya. https://tirto.id/cara-membuat-resolusi-2023-yang-anti-gagal-dan-pengertiannya-gAsK diakses pada tanggal 30 Desember 2022
Fundrika, B. A. & Efendi, D. A. 2022. Ini 4 Tips Capai Resolusi Tahun Baru 2023, Agar Tak Cuma Jadi Wacana. https://www.suara.com/lifestyle/2022/12/28/143000/ini-4-tips-capai-resolusi-tahun-baru-2023-agar-tak-cuma-jadi-wacana diakses pada tanggal 30 Desember 2022
Rahmawati, C. 2022. 5 Resolusi Sederhana di Tahun 2023, Gak Perlu Muluk-Muluk!. https://www.idntimes.com/life/career/cicilia-rahmawati-1/resolusi-sederhana-di-tahun-2023-c1c2?page=all diakses pada tanggal 30 Desember 2022
Regina, S.D. 2022. Tips Menyusun Resolusi Tahun Baru 2023 Secara Bijaksana dan Realistis Agar Impian Tercapai. https://jabar.tribunnews.com/2022/12/29/tips-menyusun-resolusi-tahun-baru-2023-secara-bijaksana-dan-realistis-agar-impian-tercapai diakses pada tanggal 30 Desember 2022