BINUSIAN JOURNEY

Persiapan Liburan Akhir Tahun

Liburan akhir tahun salah satu moment yang banyak ditunggu. Ada yang memanfaatkannya untuk berkumpul bersama keluarga, travelling, atau merayakan malam tahun baru dengan meriah. Alangkah baiknya jika selain sekedar berjalan-jalan, berkumpul dengan keluarga, dan berpesta kembang api untuk kesenangan, moment liburan akhir tahun juga dibuat menjadi sarat akan makna yang dapat membawa pribadi ke arah yang lebih baik dan bertransformasi.

Berikut beberapa hal yang dapat kamu persiapkan untuk membuat liburan akhir tahunmu menjadi menyenangkan dan juga bermakna :

  1. Membuat Itinerary yang jelas
    Itinerary adalah perencanaan yang berbentuk daftar kegiatan beserta tujuannya, jadwal, dan lengkap dengan detil segala hal yang dibutuhkan. Pembuatan itinerary ini agar dapat kamu jadikan pedoman sehingga liburanmu dapat efektif dan efisien.
  2. Budgetting
    Menyadari kondisi finansial perlu dilakukan sebelum memutuskan akan berlibur kemana dan seperti apa. Hal ini agar liburan yang tujuannya untuk bersenang-senang atau healing justru menyebabkan pusing dan tambah masalah. Buatlah estimasi yang sesuai dengan yang ada jangan sampai malah menambah hutang dan beban tanggungan di tahun depan atau di tengah liburan kekurangan dan pengeluaran membengkak.
  3. Sisihkan Waktu untuk Reflection
    Selain bersenang-senang sempatkanlah juga memberi waktu untuk lebih mengenal dan berkomunikasi dengan diri sendiri. Hal ini dapat meningkatkan kesadaran dan memulihkan jiwamu. Mengambil pelajaran dan hikmah dari segala kejadian yang terlewati dan membuat rencana perbaikan dan perkembangan yang lebih baik.
  4. Buat Moment Berkualitas Bersama Orang-Orang Terkasih
    Kesibukan masing-masing membuat komunikasi dengan anggota keluarga dan orang terkasih sulit dilakukan. Desain dan sempatkanlah waktu untuk membuat moment keterbukaan bersama orangtua, saudara, anak, atau orang terkasih untuk saling mengevaluasi, saling mengungkapkan perasaan. Moment ini dapat memperbaiki support sistem dan lingkar terdekat yang dapat mempengaruhi kehidupanmu.
  5. Dokumentasi
    Berfoto, membuat video, dan menulis bukanlah sesuatu yang harus dilakukan. Aken tetapi, hal ini dapat digunakan sebagai pengingat resolusi dan semangat yang muncul. Kamu bisa kanyaaatkannya ketika sedang merasa down dan lupa suatu saat nanti.

Ditulis Oleh :
Ajeng Diah Hartawati, M.Psi, Psikolog