BINUSIAN JOURNEY

Pentingnya Project Management Skills

Memasuki dunia kerja dan bisa memiliki karir yang meningkat dengan pesat membutuhkan suatu modal kemampuan diri tertentu. Salah satunya adalah Project Management Skill. Project management skill merupakan kemampuan memanfaatkan berbagai keterampilan untuk mengurus sebuah proyek dari awal hingga akhir, mencakup keterampilan untuk merencanakan, mengeksekusi, hingga menyelesaikan sebuah proyek dengan hasil yang sesuai direncanakan atau menguntungkan. Untuk menjadi seorang project manager yang berhasil, diperlukan kemampuan soft-skills maupun hard-skills. Soft-skills ini merupakan keterampilan-keterampilan yang terkait dengan penguasaan diri, berkomunikasi, dan kematangan emosional. Sedangkan hard-skills merupakan keterampilan-keterampilan yang terkait dengan penguasaan teknik dan peralatan yang digunakan.

Hard Skills dalam Project Management terdiri dari beberapa kemampuan : 1) Manajemen Resiko, 2) Manajemen Keuangan, 3) Membaca dan Menulis, 4) Perencanaan dan Memperkirakan. Sof Skills dalam Project Management terdirdiri dari beberapa kemampuan berikut : 1) Leadership, 2) Communication, 3) Time Management, 4) Manajemen Emosi, 5) Adaptability, 6) Critical Thinking.

Project management skill menjadi sesuatu yang penting dan banyak dicari oleh perusahaan dikarenakan sebuah organisasi pasti membutuhkan seseorang yang mampu membawa pergerakan organisasi terarah dan terukur menuju kesuksesan. Kemampuan ini menjadi kunci untuk penunjuk arah dan dapat mengintegrasikan semua komponen yang terkait dengan goals organisasi. Seseorang yang memiliki kemampuan manajemen proyek akan dinilai berharga karena mereka dianggap dapat melihat peluang masa depan, memanfaatkan yang ada, dan menyelesaikan permasalahan yang datang.

Referensi :
https://www.forbes.com/advisor/business/project-management-skills/
Sunindijo, R. Y. (2015). Project manager skills for improving project performance. International Journal of BusinessPerformance Management, 16(1), 67-83. doi:10.1504/IJBPM.2015.066041 https://www.researchgate.net/publication/281789499_Project_manager_skills_for_improving_project_performance

Ditulis Oleh :
Ajeng Diah Hartawati, M.Psi, Psikolog