BINUSIAN JOURNEY

Kelola Emosi Dengan Tepat Yuk..

Manusia kadang memiliki emosi yang tidak tertahankan, apalagi ketika menghadapi pekerjaan yang berat. Pekerjaan terkadang mempengaruhi kesehatan mental. Nah supaya suasana kerja menjadi semakin kondusif, yuk kelola emosi kamu dengan tepat.

  1. Sadari emosi yang kamu rasakan
    Menyadari emosi yang kamu rasakan dan mengakui emosi tersebut merupakan langkah awal dalam mengelola emosi denga tepat. Dengarkanlah sinyal yang diberikan tubuhmu, agar kita mudah mengidentifikasinya. Khususnya ketika kita harus mengambil keputusan, pastikan kamu dalam keadaan tenang dan tidak mengalami kesal/gelisah.
  2. Temukan teman diskusi
    Hati-hati dalam memilih teman di kantor, jangan sampai salah meletakkan kepercayaan. Pilih teman yang dapat dipercaya di tempat kerja yang dapat kamu ajak curhat saat keadaan terasa sulit.
  3. Terima jika kamu tidak dapat memilih rekan kerja
    Ada banyak kepribadian dan gaya kerja yang berbeda, hanya saja belum tentu kamu cocok dengan rekan kerja tersebut. Hanya saja jika kamu merasa tidak cocok, jaga jarak dengannya dan fokus untuk menyelesaikan pekerjaan
  4. Membuat Batasan
    Sosialisasi dengan rekan kerja di luar jam kerja terkadang menyenangkan, hanya saja perlu kita ingat bahwa semakin dekat dengan rekan kerja maka semakin dekat secara emosional, dan kelekatannya. Jadi, kita tetap harus bersikap professional dan jangan segan-segan membuat batasan antara pekerjaan dan pribadi ya.
  5. Gunakan cuti kamu
    Pekerjaan yang berat seringkali membuat fisik dan mental kita terasa lelah. Kalau dirasa sudah sangat lelah, kenapa tidak mengambil cuti. Cuti beberapa hari akan mengisi ulang energi dan membuat kita lebih sehat karena terhindar resiko serangan jantung atau stroke.
  6. Pergi makan siang di luar
    Gunakan waktu makan siang untuk menjauh dari kantor sehingga kamu akan lebih berenergi untuk bekerja kembali, Memakan makanan yang sehat juga menjadi asupan penting buat kamu untuk bersemangat kembali di kantor.
  7. Cari Bantuan Professional
    Jika dirasa kita sudah tidak bisa mengatasi emosi yang sedang dirasakan, atau dirasa sudah menganggu aktivitas kamu sehari-hari, saatnya kamu mencari bantuan professional.

Dengan melakukan hal-hal diatas akan membantu kamu dalam memahami emosi yang sedang kamu rasakan. Selain itu, kita bisa mengekspresikan emosi yang terjadi dengan sehat, sehingga hal ini tidak berimbas pada diri sendiri atau orang lain.

Oleh: Ira Setyawati, S.Psi., M.A.

Referensi :
Amalina, F. I. 2022. It’s OK to be Angry: Bahaya di Balik Menekan dan Memendam Emosi Marah. https://kumparan.com/falishaisma/its-ok-to-be-angry-bahaya-di-balik-menekan-dan-memendam-emosi-marah-1zNS5GOvjVl/3 Diakses pada tanggal 31 Desember 2022
Fitriana, R. 2022. 9 Cara Cerdas dan Efektif untuk Mengelola Emosi di Tempat Kerja, Bukan Langsung Diluapkan!. https://www.beautynesia.id/life/9-cara-cerdas-dan-efektif-untuk-mengelola-emosi-di-tempat-kerja-bukan-langsung-diluapkan/b-265754/1 Diakses pada tanggal 31 Desember 2022