BINUSIAN JOURNEY

Apa Sih Kerja Content Creator

Content Creator adalah salah satu posisi yang sekarang ini sedang hits dan diminati oleh berbagai kalangan. Aktivitasnya bisa dilakukan dimana saja. Hasil pendapatannya termasuk cukup mengiurkan di era digital saat ini. Menariknya, semua orang bisa menjadi content creator.

Apa itu Content Creator?
Content Creator adalah orang yang membuat konten, baik berupa tulisan, gambar, audio, atau video dan ditampilkan di berbagai platform sesuai tujuannya, seperti website, YouTube, TikTok, Instagram, dan lainnya. Materi biasanya disesuaikan dengan kebutuhan dengan keinginan atau ketertarikan dari audiens.

Apa tugas Content Creator?
Seorang Content Creator tidak hanya sekadar membuat konten, tapi juga melakukan tanggung jawab lainnya seperti:

  1. Melakukan riset dan interview terlebih dahulu sebelum membuat konten untuk mengetahui tren terkini dan pengembangan konten
  2. Menulis, meninjau, mengedit, dan membuat konten untuk platform yang digunakan perusahaan untuk marketing
  3. Bekerja sama dengan tim kreatif untuk mempersiapkan materi promosi
  4. Menggunakan media sosial untuk consumer engagement, merespons komplain, dan mempromosikan produk/layanan perusahaan
  5. Berkolaborasi dengan departemen internal untuk melakukan campaign mulai dari proses hingga evaluasi
  6. Monitoring media sosial dan company website
  7. Mengevaluasi traffic konten dengan analytics tools

Jadi, sebagai content creator, harus memahami dan mengerti social media tools seperti Instagram analytics, facebook analytics, twitter analytics, Buzzsumo, Animoto, Buffer, Canva, dan Google Trends.

Apa saja skill yang harus dimiliki Content Creator?

  1. Punya ketrampilan fotografi dan videografi
    Foto atau video akan membuat konten menjadi menarik minat audiens. Pembuat konten harus mengetahui foto atau video terbaik yang akan digunakan dalam konten.
  2. Memiliki kemampuan copywriting
    Dengan copywriting dapat menjual produk lewat tulisan dan membujuk audiens untuk membeli produk atau layanan yang ditawarkan.
  3. Menguasai tools pendukung
    Untuk hasil konten maksimal, diperlukan tools pendukung baik yang sifatnya perangkat/aplikasi lainnya. Contohnya dalam membuat vlog diperlukan penguasaan peralatan yang digunakan seperti kamera, tripod, microphone, hingga aplikasi edit video.
  4. Memahami strategi Search Engine Optimization (SEO) dan Search Engine Marketing (SEM)
    SEO adalah penggunaan teknik tertentu agar konten muncul di halaman pertama hasil pencarian. Sedangkan, SEM adalah penggunaan paid ads supaya konten dapat menjangkau audiens secara instan. Skill ini juga mendukung strategi content marketing yang dilakukan berjalan maksimal.

Bagaimana dengan Kriteria Content Creator yang Baik?

  1. Dapat mengembangkan ide kreatif
    Dalam pembuatan konten seringkali diperlukan inspirasi untuk memancing ide-ide kreatif, salah satunya dengan rajin membaca. Jika ide yang kreatif dan variatif maka konten yang dihasilkan akan lebih segar dan sesuai target market dan diinginkan pasar sehingga akan lebih mudah diterima.
  2. Memiliki kemampuan riset
    Riset diperlukan untuk mengumpulkan informasi pendukung yang lengkap sehingga bisa memahami kondisi pasar, tren, dan kebutuhan audiens.
  3. Memahami target audiens
    Content Creator yang baik, akan mengetahui audiensnya dengan baik, meliputi usia, gender, lokasi tinggal, keluarga, pekerjaan dan gaji. Konten yang dibuat harus sesuai kebutuhan audiens sehingga bisa memahami kesulitan audiens dan dapat menaikkan engagement dan traffic.
  4. Mampu berkomunikasi dengan baik
    Kemampuan komunikasi yang baik akan menunjang dalam membangun jejaring. Dengan jejaring, bisa menjalin kolaborasi dalam pembuatan konten dan tempat diskusi. Selain itu, bisa mendapatkan banyak teman, dan belajar untuk mendapatkan ide-ide dari orang-orang yang berbeda-beda.
  5. Mempunyai manajemen waktu yang baik
    Kemampuan manajemen waktu diperlukan untuk menyelesaikan semua pekerjaan dengan tepat waktu, sehingga bisa membuat prioritas pekerjaan.

Referensi:
Firdiansyah, A. 2021. Apa Saja Social Media Tools yang Wajib Dikuasai Marketer? https://glints.com/id/lowongan/social-media-tools-wajib-dikuasai-marketer/#.Y8lGq3ZBzIU diakses pada tanggal 20 Desember 2022
Firdiansyah, A. 2022. Content Creator: Arti, Tugas, Skill, dan Kunci Suksesnya. https://glints.com/id/lowongan/apa-itu-content-creator/#.Y8kBynZBzIU diakses pada tanggal 20 Desember 2022
Hesanty, A. N. 2022. Mengenal Lebih Dekat Apa Itu Content Creator. https://www.niagahoster.co.id/blog/content-creator-adalah/ diakses pada tanggal 20 Desember 2022
Lianovanda, D. 2022. Apa itu Content Creator? Ini Pengertian, Tugas, dan Skill yang Dibutuhkan. https://blog.skillacademy.com/apa-itu-content-creator diakses pada tanggal 20 Desember 2022

Disusun oleh Ira Setyawati, S.Psi,. M.A.