BINUSIAN JOURNEY

AI di Bisnis

Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan saat ini telah banyak digunakan di berbagai aspek kehidupan karena keberadaannya cukup dapat membantu aktivitas manusia. Tidak hanya sekedar di bidang teknologi saja, AI kini telah banyak dimanfaatkan di sector nonteknologi seperti bidang bisnis. Secara garis besar, berikut ini 3 macam AI yang banyak digunakan dalam bisnis :

  1. Automisasi
    Penggunaan AI dimanfaatkan untuk pekerjaan dan aktivitas yang bersifat repetitif. Hal ini membuat manusia menjadi lebih banyak waktu mengerjakan pekerjaan yang lebih penting dan lebih bernilai.
  2. Analisis Data
    AI membantu manusia menemukan informasi yang sebelumnya tidak diketahui dengan cara melihat hubungan, pola, dan keterkaitan antar data yang terkumpul dan relevan. Manfaat lainnya antara lain jadi lebih mudah dalam mengolah data untuk digunakan pengambilian keputusan menjadi lebih tepat sasaran, objektif, dan logis.
  3. Pemrosesan Bahasa Alami
    Biasanya kemampuan ini digunakan untuk membuat mesin pencarian dan chatbot.

Penggunaan AI dalam bisnis banyak digunakan pada beberapa sector berikut ini :

  1. Sektor Penjualan
  2. Sektor Pemasaran
  3. Akuntansi
  4. Layanan Pelanggan
  5. Kegiatan Operasional

Sejauh ini, penggunaan AI dalam bisnis dapat mempermudah perusahaan mencapai proses yang lebih efektif dan efisien dalam menjalankan fungsi yang sebelumnya memakan banyak waktu dan sumber daya.

Referensi :
https://futureskills.id/2023/01/17/artificial-intelligence-contoh-penggunaan-ai-kepada-pengguna-bisnis/
https://www.goodnewsfromindonesia.id/2023/01/10/penggunaan-artificial-intelligence-dalam-kehidupan

Ditulis Oleh :
Ajeng Diah Hartawati, M.Psi, Psikolog