BINUSIAN JOURNEY

4 Siklus Personal Branding

Hi Binusian, pasti kalian bertanya-tanya, apa itu Personal Branding? Personal branding merupakan hal yang penting dalam menunjang perjalanan karir kalian lho.

Personal branding ialah merupakan proses pembentukan persepsi masyarakat atau publik terhadap aspek yang dimiliki oleh seseorang. Aspek-aspek Personal Branding sendiri meliputi hal-hal berikut : kepribadian, kemampuan, nilai, serta persepsi positif yang ditimbulkan atau ada dalam diri individu.

Berikut ini, adalah 4 Siklus Personal Branding yang perlu kamu ketahui, simak bersama ya :

  1. COMPETENCY
    Merupakan karakter individu yang dapat diukur dan ditentukan untuk menunjukkan perilaku dan performa kerja tertentu pada diri seseorang. (Spencer, McClelland & Spencer, 1994).
  1. CONNECTIVITY
    Menghubungkan kompetensi yang dimiliki dengan dunia luar, baik lingkungan terdekat maupun lingkungan yang lebih luas.
  1. CREATIVITY
    Berfungsi sebagai refreshment dan diperlukan untuk menciptakan inovasi – inovasi “produk” diri dalam personal branding.
  1. COMPLIANCE & CONTRIBUTION
    Compliance dan contribution diibaratkan sebagai alat ukur untuk melihat titik kekuatan ataupun kelemahan dari elemen – elemen personal branding. Compliance sendiri merupakan nilai-nilai etis yang menjadi semacam komitmen dalam budaya masyarakat. Perilaku yang sama bisa menjadi indikasi reputasi yang berbeda untuk profesi, dan bahkan waktu yang berbeda. Contribution sendiri memiliki pengertian tentang seberapa jauh solusi yang dibuat bisa memberikan dampak terhadap lingkungan yang bisa dilihat secara kasat mata.

Nah untuk meningkatkan personal branding, kamu harus percaya diri, tekun dalam melatih diri dan harus gigih untuk menemunkan keberuntungan ya. Dan ingat, kamu harus mampu menghadapi situasi sulit dengan tenang dan efektif, agar membangun hubungan baik dengan berbagai partner, koneksi, rekan kerja serta dapat dengan baik menangani konflik.

Disusun oleh : Zia, M. Psi, Psikolog – Binus Career.
16 Desember 2022