BINUSIAN JOURNEY

Apa itu Team Work

Teamwork secara bahasa berarti kerja tim. Secara sederhana, teamwork adalah suatu usaha yang dilakukan oleh lebih dari satu orang secara bersama untuk mencapai tujuan tertentu. Meskipun team work digunakan di dalam tim, tetapi perlu dipahami bahwa teamwork merupakan sebuah Individual-skill. Salah satu soft-skill yang penting untuk dimiliki oleh individu dalam dunia kerja.

Avery (2001) menjelaskan konsep TeamWisdom Model untuk menggambarkan bahwa teamwork merupakan individual-skill melalui gambar dibawah ini.

TeamWisdom Model (Avery,2001)

Menurut Avery TeamWisdom ini merujuk pada kondisi mental, kemampuan, dan pola perilaku individu yang menjadi penentu keberhasilan dan produktivitas sebuah hubungan kerja sama.

Melalui gambaran tersebut Avery menjelaskan bahwa teamwork terdiri dai 5 pondasi, yaitu :

  1. Personal Responsibility
    Adanya rasa tanggung jawab sehingga tumbuh motivasi yang berasal dari dalam diri. Adanya kesadaran bahwa geraknya, keberhasilannya dapat mempengaruhi keberhasilan goals yang dituju bersama. Hal ini berkaitan dengan tumbuhnya beinisiatif disertai keberanian untuk bergerak menyelesaikan apa yang menjadi bagiannya atau tanggung jawabnya. Kemampuan untuk merespon dengan tepat terhadap sebuah kondisi tanpa harus selalu disuruh, didorong, ataupun ditarik oleh orang lain.
  2. Partnership
    Kemampuan menjalin hubungan baik dengan individu lain. Kemampuan untuk “saling”, tidak berfokus pada diri sendiri, memperhatikan kebersamaan.  Dibutuhkan kemauan untuk mendengarkan, memahami, memberi maupun menerima, saling melengkapi.
  3. Share Purpose
    Menyelaraskan tujuan diri sendiri dengan orang lain. Menyadari bahwa setiap individu sama-sama memiliki keinginan dan harapan, hak dan kewajiban. Diperlukan keterbukaan dan komunikasi untuk menyatukan keinginan dan harapan sehingga menemukan dan saling menyadari kesamaan tujuan.
  4. Trust
    Dapat dipercaya dan mampu percaya pada orang lain. Apa yang diucapkan selaras dengan tindakan.  Membuat kesepakatan bersama dan memiliki kemampuan untuk melakukan komunikasi secara assertive ketika dirasa ada permasalahan.
  5. Collaborative Mindset
    Memiliki kemauan dan menyadari pentingnya berkolaborasi. Menyadari dan memahami bahwa setiap individu dapa tim adalah penting. Tidak merasa superior dan mau menghargai orang lain.

Referensi :
Avery, Christopher M. (2001). Teamwork Is an Individual Skill, Getting Your Work Done When Sharing Responsibility. San Fransisco: Berrett-Koehler Publishers,Inc.
https://archive.org/details/teamworkisindivi00aver/page/n13/mode/2up?view=theater
Sanyal, Shouvik. Hisam, Mohammed Waminque. (2018). The Impact of Teamwork on Work Performance of Employees: A Study of Faculty Members in Dhofar University. IOSR Journal of Business and Management, Vol.20(3), 15-22. DOI: 10.9790/487X-2003011522

Ditulis Oleh :
Ajeng Diah Hartawati, M.Psi, Psikolog