BINUSIAN JOURNEY

Managing Your Time For Productive

Apakah kamu pernah merasa sudah kerja keras sepanjang waktu tetapi hasil yang dituju tetap terasa begitu-begitu saja. Sibuk tidak sama dengan produktif lho. Seringkali 24 jam sehari dirasa kurang untuk menyelesaikan segala persoalan dan pekerjaan yang ada. Hal ini biasanya dikarenakan kurangnya penggunaan sumber daya secara efektif dan efisien. Sumber daya waktu akan selalu setiap harinya adalah 24 jam sehari, oleh karena itu perlu dimanfaatkan sebaik mungkin. Tetapi sebelum membahas cara memanfaatkan waktu kita perlu memahami dulu apasih efektif dan efisien itu?

Efektif adalah pemanfaatan sumber daya, sarana dan prasarana sehingga ada pengaruhnya atau efeknya dalam mencapai apa yang diharapkan atau diinginkan (tepat sasaran). Target kuantitas, kualitas, dan waktu dapat tercapai dengan tepat. Pengukuran efektif berhubungan dengan perencanaan, jadwal, serta pengambilan keputusan yang tepat. Suatu pekerjaan dikatakan efektif jika tujuan yang ditetapkan berhasil tercapai. Semakin besar persentase pencapaian target maka makin tinggi efektifitasnya.

Efisien adalah pemanfaatan sumber daya yang pas tanpa pemborosan untuk sesuatu pekerjaan (tepat guna). Efisien berkaitan dengan kebijaksaanaan dan strategi menggunakan sumberdaya seminim mungkin untuk mencapai hasil maksimal atau sesuai target. Semakin sedikit waktu, tenaga, dan biaya yang digunakan untuk mencapat hasil seusai target maka makin tinggi efisiensinya.

Apa Kaitannya Manajemen Waktu dengan Efektifitas dan Efisiensi?

Manajemen waktu merupakan sebuah keterampilan seorang individu untuk memanfaatkan waktu dengan sebaik mungkin. Manajemen waktu merupakan sebuah usaha perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengawasan produktivitas terhadap waktu. Agar manajemen waktu dapat berjalan, seseorang harus mengetahui dan menyadari terlebih dahulu nilai waktu di kehidupannya. Tanapa hal tersebut maka waktu tidak akan berarti sehingga akan mudah menjadi sia-sia dan terisi dengan sekedarnya saja dengan aktivitas-aktivitas tidak terarah. Waktu termasuk dalam sumber daya yang terbatas. Oleh karena itu perlu memperhatikan efektifitas dan efisiensi saat mengelolanya. Tujuan manajemen waktu adalah mencapai target dengan rentan waktu yang ditetapkan.

Manajemen waktu merupakan sebuah usaha perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengawasan produktivitas terhadap waktu. Atkinson (1994) menjelaskan aspek-aspek dari manajemen waktu terdiri dari beberapa hal berikut :

  1. Penetapan Tujuan
  2. Penyusunan Prioritas
  3. Penyusunan Jadwal
  4. Bersikap Asertif
  5. Bersikap Tegas
  6. Menghindari Penundaan
  7. Meminimalkan Waktu yang Terbuang

Silahkan mencoba memenuhi dan melakukan ketujuh aspek tersebut dalam memanajemen waktu ya. Semoga menjadi lebih produktif.

Referensi :
https://www.dosenpendidikan.co.id/efektif-adalah/
https://www.kajianpustaka.com/2019/02/manajemen-waktu.html

Ditulis Oleh :
Ajeng Diah Hartawati, M.Psi, Psikolog