BINUSIAN JOURNEY

Seminar Further Study: Let’s Talk About Fulbright Scholarship

Jumat, 14 Oktober 2022, Jam 13.30 – 15.00 WIB
Online Via Zoom
Jumlah Peserta 264 orang

Seminar further study ini merupakan acara kerja sama antara AMINEF dengan Global Employability & Entrepreneurship BINUS. AMINEF merupakan lembaga yang menangani beasiswa Fulbright di Indonesia. Di mana dengan beasiswa ini mahasiswa Indonesia bisa melanjutkan studi di salah satu universitas di Amerika Serikat. Seminar further study kali ini mengundang Ibu Miftahul Mardiyah selaku Associate Communications Officer AMINEF dan Bapak Irfan Rifai, PhD selaku alumni penerima beasiswa S3 Fulbright.

Acara dibuka dengan pemutaran video mengenai apa itu Fulbright Scholarship, pada video ini peserta diajak mendengar testimoni dari beberapa alumni penerima beasiswa dan pencapaian yang telah mereka lakukan. Setelah itu Ibu Miftahul Mardiyah atau yang lebih akrab disapa Ibu Mita mulai memaparkan materi penjelasan lebih dalam lagi mengenai program atau beasiswa-beasiswa yang ditawarkan oleh AMINEF, salah satunya yang paling utama adalah Fulbright Scholarship. Melalui materi ini peserta dapat mengetahui apa saja keunikan dari beasiswa Fulbright, persyaratannya, hingga proses seleksi secara mendetail.

Sesi berikutnya dilanjutkan oleh Bapak Irfan Rifai, PhD yang membagikan pengalamannya dalam mengikuti program beasiswa Fulbright. Pak Irfan mulai menceritakan awal mula bagaimana beliau memutuskan untuk melanjutkan studi ke S3. Pak Irfan menjelaskan bahwa beliau berprofesi sebagai praktisi pendidikan dan merasa perlu untuk terus belajar sehingga akhirnya memilih mengikuti program beasiswa Fulbright. Kemudian, Pak Irfan juga menceritakan pengalamannya, suka-duka, dan tips selama menjalani pendidikan di Amerika Serikat. Diharapkan melalui seminar ini dapat memberikan inspirasi untuk para Binusian nantinya setelah menyelesaikan S1 untuk melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi di luar negeri seperti Amerika Serikat.

Seminar further study berjalan dengan lancar dan peserta menunjukkan ketertarikan selama sesi ini berlangsung dari awal acara hingga akhir acara. Bagi Binusian yang masih memerlukan informasi seputar seminar further study, ikuti terus pengumuman dari kami di IG @geecbinusalsut @binusinternship. Selain itu, apabila ingin mengenal AMINEF lebih dekat, Binusian dapat membuka website-nya: https://www.aminef.or.id/.

Dibuat oleh Faishal A. Prabowo.
Editor: Ira Setyawati, S.Psi., M.A.