BINUSIAN JOURNEY

What is Work Ethics? And How to Manage Your Stress?

Briefing Pre-Departure School of Design Gabungan Kampus Bandung-Jakarta
(Semester Ganjil 2022/2023)

Sabtu, 27 Agustus 2022, Jam 10.00 – 11.20 WIB

Online Via Zoom

Jumlah Peserta 147 orang

Briefing Pre-Departure adalah salah satu kegiatan Enrichment Program untuk peminatan track Internship (magang) yang diadakan sebelum mahasiswa memulai magang di perusahaan guna mempersiapkan diri sebelum melaksanakan magang. Briefing Pre-Departure kali ini diadakan oleh Global Employability & Alumni (GEA) BINUS Bandung bekerja sama dengan Fakultas School of Design (SoD) gabungan kampus BINUS Bandung dan Jakarta dengan mengangkat dua tema yaitu “What is Work Ethics?” dengan pembicara Ibu Ajeng Diah Hartawati selaku Student Career Development Officer, Internship Center – BINUS University. Kemudian tema kedua adalah “How to Manage Your Stress” dengan pembicara Ibu Fika Scarfi selaku Counselor, Student Advisory & Support Center – BINUS University.

Materi yang disampaikan pembicara sangat menarik karena mengupas tuntas hal-hal terkait etika kerja mulai dari integritas di dunia kerja, etika bekerja dari rumah, etika berkomunikasi, etika email (diberikan juga contoh email dan chat yang baik), etika meeting online, dan etika ketika telepon. Kemudian pemateri juga menyampaikan informasi bullying and harassment di dunia kerja (physical, social, sexual, verbal, cyberbullying), dampak akibat bullying and harassment baik dari segi mahasiswa sebagai pegawai dan perusahan, serta informasi bagaimana mencegah dan bereaksi terhadap bullying di dunia kerja.  Dengan mengetahui informasi tersebut maka mahasiswa dapat mengantisipasi supaya tidak menghadapi kejadian yang tidak mengenakkan selama periode magang. Selain itu pemateri juga menyampaikan alur yang akan dilakukan oleh mahasiswa di sistem internship BINUS seperti penginputan Learning Plan (LP), siapa saja yang nantinya akan mendampingi mahasiswa selama periode magang, serta persiapan yang harus dilakukan mahasiswa sebelum memulai magang baik secara sistem kerja WFO maupun WFH.

Untuk materi kedua yaitu How to Manage Stress, pembicara sangat interaktif dengan menggunakan website menti.com untuk mengumpulkan pendapat maupun jawaban peserta dari beberapa pertanyaan yang diajukan oleh pemateri. Materi yang disampaikan mulai dari pengertian stress, tanda-tanda stress (cognitive, emotions, physical, behavior), stressors disekitar kita (internal, eksternal, daily hassles), hingga cara mengatasi stress. Serta pembicara juga memberikan contoh-contoh seperti cara mengatasi stress dengan mengorganisir kegiatan yang akan dilakukan, miliki social support, dan lakukan self care routine. Dengan mengetahui informasi tentang stress tersebut, diharapkan nantinya mahasiswa dapat mengelola stress mereka selama melaksanakan magang serta dapat memberikan kinerja yang terbaik.

Bagi BINUSIAN yang masih memerlukan informasi seputar internship track, ikuti terus pengumuman dari kami di IG @idcbinusbandung.

Dokumentasi


Disusun oleh Indah Dwi Putri