BINUSIAN JOURNEY

Sosialisasi Beasiswa I-CON

22 Agustus 2022, Jam 13.30 – 15.00 WIB

Online Via Zoom

Total Jumlah Peserta 60 orang

Beasiswa I-CON merupakan program yang dibuat oleh PT Integrasi Logistik Cipta Solusi (PT ILCS atau ILCS). PT.ILCS merupakan perusahaan yang didirikan di Jakarta pada 21 September 2012 sebagai perusahaan yang memberikan layanan informasi, pertukaran dokumen, dan pembayaran elektronik kepada komunitas logistik (pemilik dan pelaku logistik) di Indonesia.  Pendirian PT ILCS merupakan inisiasi 2 (dua) BUMN ternama di industri kepelabuhanan dan telekomunikasi yaitu PT Pelabuhan Indonesia II (IPC) dan PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) melalui PT Multimedia Nusantara (Telkom Metra). Tujuan pendirian ILCS guna menghadirkan Port Community System (PCS) yaitu sistem yang memberikan transparansi informasi, monitoring arus barang, memfasilitasi pertukaran dokumen, dan pembayaran elektronik yang terintegrasi bagi seluruh komunitas logistik Indonesia hingga terhubung ke pasar global.

Acara sosialisasi ini merupakan info session dari PT.ILCS untuk menjelaskan detil dari program Beasiswa I-CON. Speaker pada sesi ini dibawakan oleh dijelaskan Bapak Ganda Pradita Putra selaku Sekretaris Perusahaan PT ILCS. Bapak Ganda juga sedikit bercerita bahwa dirinya merupakan alumni Binusian oleh karena itu beliau tampak bersemangat selama membawakan sesi ini. Selain itu juga ada Bapak Frenda Rangga Aksara sebagai Senior Manager Pengembangan Produk ILCS juga turut hadir pada info session ini. Info session ini dihadiri oleh 63 orang dan diawali dengan opening speech dari Bapak Haris Suhendra, S.Kom., M.M. sebagai Corporate Marketing Communication General Manager BINA NUSANTARA.

Pada sesi ini dijelaskan bahwa I-CON adalah singkatan dari Innovation Challenge of Excellence. Beasiswa I-CON dikemas dalam bentuk sebuah kompetisi yang dalam prosesnya para peserta akan mendapatkan program pembekalan dan para pemenangnya akan mendapatkan sejumlah benefit dengan total hadiah berupa beasiswa uang saku Pendidikan sebesar Rp. 30.000.000,- . Kompetisi ini mengangkat Tema “THE NEXT PORT TECHNOLOGY” karena ide inovasi diharapkan menjadi ide baru serta memiliki nilai manfaat untuk kemajuan dunia logistik saat ini dan di masa yang akan datang. Peserta kompetisi dalam bentuk tim yang terdiri dari 3 orang. Ketentuan anggota tim bisa dari jurusan apapun dan angkatan berapapun, hanya saja harus dalam universitas yang sama. Periode Beasiswa I-CON ini dilaksanakan dengan time line sebagai berikut :
Open Registration                                      : 22 Agustus 2022 – 29 Agustus 2022 (3 orang/Team)
Pengumpulan Karya Inovasi                   : 22 Agustus 2022 – 5 September 2022
Pitching & pengumuman 10 besar         : 7 September 2022 – 12 September2022
Pitching & Pengumuman 5 besar           : 14 September – 19 September 2022
Main event & Pengumuman Juara        : 21 September 2022 (dilakukan secara offline)

Dengan diadakannya info session ini diharapkan mahasiswa BINUS mendapatkan gambaran berbagai keuntungan yang bisa didapatkan dari program Beasiswa I-CON dan ikut berpartisipasi dalam program ini.

Disusun oleh Ajeng Diah Hartawati, M.Psi, Psikolog.