BINUSIAN JOURNEY

MICRO CREDENTIAL PROGRAM – SPECIFIC INDEPENDENT STUDY TRACK

Bulan Maret 2022 – Juli 2022

Online via Zoom

Jumlah Peserta 614 orang

Micro Credential Program – Specific Independent Study Track merupakan program Enrichment yang bertujuan mengembangkan kemampuan soft-skill dan technical-skill mahasiswa secara spesifik agar siap menghadapi revolusi industri 4.0. Selain itu juga program ini bertujuan untuk membekali mahasiswa dalam mempersiapkan apa saja yang dibutuhkan untuk masuk ke dunia industri dan tantangan apa saja yang akan dihadapi saat terjun ke dalam industri serta mahasiswa mendapat pengalaman mengerjakan proyek langsung sesuai dengan course yang diminati oleh mahasiswa.

Program ini berlangsung online sejak Bulan Maret 2022 hingga Bulan Juli 2022 dan dibagi menjadi 3 rangkaian kegiatan yaitu Soft-Skills Series, Technical-Skills Series dan Training and Course Certification. Track ini diikuti oleh 614 mahasiswa dengan 2 peminatan course yaitu Digital Marketing dan Social Media Specialist.

Pada Bulan Maret 2022 merupakan kegiatan Soft-Skills Series. Kegiatan ini diisi oleh 8 narasumber dari 7 Perusahaan yaitu PT PLN (Persero), Forest Interactive, PT ANTAM Tbk, PT Bank CIMB NIAGA Tbk, Metro TV, Tribun Jogja, dan Campaign.com. Dalam Soft-Skills Series ini mengangkat topik soft-skills berdasarkan BINUS Graduate Attributes meliputi applied management skills, adaptability, initiative, social awareness, growth mindset, technology & digital fluency, collaboration, dan critical & creative thinking. Sedangkan pada Bulan April 2022 masuk kegiatan Technical-Skills Series dimana mahasiswa mendapatkan materi sesuai dengan course yang diambil yaitu Digital Marketing dan Social Media Specialist. Untuk kelas Digital Marketing diisi oleh 4 narasumber dari 4 perusahaan yaitu PT. Kalbe Farma Tbk, PT. Omni Digitama Internusa – Ruparupa.com (part of KAWAN LAMA Group), Binar Academy dan PT Bank CIMB NIAGA Tbk, serta mengangkat judul sebagai berikut Transforming a Technology in Marketing, Where Digital Marketing Goes Wrong (and How to Fix It), Build Intimacy with Digital Marketing, dan Growth Opportunities for Digital Marketing during COVID-19 Crisis and Beyond. Sedangkan pada course Social Media Specialist diisi oleh 4 narasumber dari 4 perusahaan yaitu PT Bank CIMB NIAGA Tbk, PT Bank BTPN Tbk, SVARA dan Artotel Group serta mengangkat judul sebagai berikut Social Media Trends Will Boost Your Business, The Power Social Media: Connecting, Storytelling, and Creating Messages That Resonate, The History of Social Media and Its Impact on Business dan Creative Content. It Matters!. Narasumber juga menjelaskan mengenai implementasi dari soft skills dan technical skills tersebut dalam bekerja sehingga mahasiswa menjadi lebih antusias dan paham.

Berikut beberapa dokumentasi untuk kegiatan Soft-Skills Series dan Technical-Skills Series.

Micro Credential Soft Skill Series with Metro TV

Micro Credential Soft Skill Series with Forest Interactive

Micro Credential Social Media Specialist Technical Skill Series with yaitu PT Bank CIMB NIAGA Tbk

Micro Credential Digital Marketing Technical Skill Series with
PT. Omni Digitama Internusa – Ruparupa.com (part of KAWAN LAMA Group)

Pada bulan Mei 2022 hingga Juli 2022 merupakan kegiatan Training and Course Certification dimana mahasiswa akan mendapatkan materi dari dosen teori dan dosen praktisi (perusahaan) dengan metode Synchronous (Metode tatap muka online) dan Asynchronous (Self Learning, forum/ video-based learning). Adapun dosen teori yang terlibat pada kegiatan ini sebanyak 14 orang dan dosen praktisi (perusahaan) sebanyak 36 orang dari 13 perusahaan yang berbeda yaitu APRIL Group (PT. Riau Andalan Pulp and Paper), CODEX Powered by Telkom Indonesia, DANA Indonesia, Forest Interactive, Hakuhodo Digital, Heroleads Indonesia, Hotel Indonesia Kempinski Jakarta, KG Media, Lintang Media, Nuvantara, Printerous, PT Bank BTPN Tbk dan SVARA. Mahasiswa dengan course peminatan Digital Marketing mendapatkan pemahaman mengenai pengumpulan data dan analisis data yang digunakan oleh para professional pemasaran, memahami kerangka kerja dan pendekatan konsep pemasaran digital, dan belajar untuk mengevaluasi dan memilih alat dan teknik analisis web yang sesuai meliputi Google Analytics, Search Engine Marketing, Search Engine Optimization (SEO), Email Marketing dan Social Media Marketing. Sedangkan mahasiswa dengan course peminatan Social Media Specialist mendapatkan pembelajaran dalam menggunakan platform media sosial serta alat pengukuran yang digunakan di dalam perusahaan maupun organisasi meliputi content, analytics tools dan tren social media. Selain itu, mahasiswa juga mengerjakan proyek akhir dari perusahaan untuk melakukan implementasi dari training yang telah diikuti dan di akhir pertemuan ada certification test untuk mendapatkan sertifikat kelulusan pada course yang telah ditempuh oleh mahasiswa. Program ini berjalan lancar sesuai dengan timeline yang telah direncanakan. Mahasiswa juga merasa program ini sangat bermanfaat karena langsung spesifik pembelajarannya sesuai course yang mereka pilih.

Berikut beberapa dokumentasi untuk kegiatan Training and Course Certification
Dosen Praktisi (Perusahaan) Micro Credential Digital Marketing Course Certification with PT Bank BTPN Tbk

Dosen Praktisi (Perusahaan) Micro Credential Social Media Specialist Course Certification with
CODEX Powered by Telkom Indonesia

Dosen Internal Micro Credential Digital Marketing Course Certification

Dosen Internal Micro Credential Social Media Specialist Course Certification

Disusun oleh Ira Setyawati, S.Psi., M.A.