BINUSIAN JOURNEY

Internship Info Session : Experience the Banking Jaman Now (Bank Commonwealth)

Jumat, 19 Agustus 2022, Jam 13.00 – 15.00 WIB

Online via Zoom

Jumlah Peserta 40 Mahasiswa

(19 Agustus 2022) Bank Commonwealth (PTBC) merupakan Bank subsidary  dari Commonwealth Bank of Australia yang telah berdiri sejak tahun 1997. Saat ini Bank Commonwealth telah memiliki lebih dari 1250 banking proffesional yang telah melayani lebih dari satu juta nasabah melalui 30 cabang dan 23 kota di Indonesia.

Pada info session ini dibawakan oleh Bapak Arresto Ario selaku Head of Corporate Strategy yang di moderatori oleh Ibu Annisa Nirbito dari Bank Commonwealth. Pada info session inipun dihadiri oleh tim Bank Commonwealth Bapak Jefferi, Bapak Ferdinand, Ibu Ruliana serta Ibu Annisa dan dihadiri oleh  40 mahasiswa BINUS University dari berbagai jurusan. Tujuan diadakan info session ini adalah perusahaan ingin menginformasikan kepada mahasiswa terkait pengalaman kerja di Bank Commonwealth, yang dilanjuti dengan informasi terkait internship hiring yang sedang dibuka perusahaan, tentu dengan adanya info  session ini perusahaan ingin meningkatkan minat mahasiswa sehingga tertarik menjadi bagian dari bank Commonwealth sebagai intern maupun sebagai karyawan nantinya.

Pada info session ini pun diketahui bahwa value proposition yang dimiliki perusahaan yaitu “everyone matters” dimana perusahaan menekankan bahwa semua ide, kesejahteraan dan pertumbuhan merupakan hal yang berharga bagi perusahaan. Saat ini perusahaan sedang mengembangkan digital channel untuk dapat meningkatkan layanan kepada nasabah, antara lain seperti digital branch yang merupakan titik temu nasabah untuk literasi dan edukasi keuangan dengan kemampuan digital self service untuk bertransaksi, CommBank Mobile merupakan aplikasi mobile sederhana yang mudah digunakan serta dapat membantu nasabah untuk mewujudkan financial goals  nasabah, CommBank e-Kiosk merupakan kios cabang digital yang dapat menghubungkan pelanggan baru dari end – end dalam waktu kurang dari 10 menit dan yang terakhir adalah  CommBank SmartWealth merupakan aplikasi investasi dengan one stop comprehensive wealth yang dapat diakses nasabah tanpa terbatas tempat dan waktu. CommBank menyampaikan komitmen melalui komunitas Wanita Indonesia Srikandi Ekonomi (WISE) program, MicroMentor Indonesia dan Customer Update.

Di dalam CommBank terbagi menjadi beberapa tim yaitu Retail & SME Business, Digital Business, Customer Excellence, Technology, Operations, Finance, Treasury, Human Resources, Risk Management, Compliance and Legal, Internal Audit, dan Marketing and Corporate Communications, tentu setiap tim memiliki fokus yang berbeda seperti ada yang berfokus kepada pengembangan bisnis, inovasi pemanfaatan teknologi dan berfokus kepada service kepada nasabah.

Di dalam program internship, diharapkan mahasiswa agar intern dapat memiliki pengalaman bekerja di industri perbankan, mendapatkan pengetahuan dan pengembangan keterampilan melalui program bimbingan intensif dengan para pemimpin di CommBank, memiliki kesempatan untuk menjadi karyawan tetap saat lulus. Saat ini di bulan September program magang CommBank terbuka selama 6 bulan yang dimulai dari bulan September 2022 – Febuari 2023. Saat ini CommBank membuka cukup banyak lowongan magang dan dibagi menjadi 2 bagian, yaitu Non – IT dan IT. Untuk magang area Non – IT, mereka membuka lowongan Data Modeling/Data Scientist, Marketing Communication/ Marketing Support, Mortgage Business Analyst, Employee Experience/ HR Management, Procurement Support dan Compliance Support. Sedangkan untuk magang are IT, mereka membuka lowongan Developer/ Mobile Programmer, DevOps Engineer, QA Automation/QC Tester, IT Process Improvement Specialist/ Project Management, serta IT Demand Management, Project Management.  Pada saat info session, tim dari CommBank juga memberikan penjelasan testimoni Developers dan apa saja yang akan didapatkan pada saat magang, serta testimoni dari BINUSIAN yang menjadi karyawan tetap di CommBank, dan tidak hanya itu mahasiswa yang hadir aktif bertanya pada info session ini.

Lampiran:

 

Posisi Intern yang dibuka:

Disusun oleh : Jeffrey Arief Mulyono, Christine Rusli.