BINUSIAN JOURNEY

INFO SESSION Microcredential – Artificial Intelligence and its Applications

Road to Huawei Certified ICT Associate (HCIA) AI

Sabtu, 6 Agustus 2022, Jam 10.00 – 12.00 WIB

Online via Zoom

Jumlah Peserta 18 Mahasiswa

(6 Agustus 2022) Micro Credential Program atau Specific Independent Study merupakan salah satu track  dari program Enrichment 3+1 yang dimiliki oleh  BINUS University dengan tujuan mengembangkan kemampuan soft-skill dan technical-skill mahasiswa secara spesifik agar siap menghadapi revolusi industri 4.0. Di dalam track Specific Independet Study, mahasiswa akan mendapatkan pengalaman seperti mengerjakan proyek sesuai course yang dipilih oleh mahasiswa, dengan harapan mahasiswa nantinya sudah siap dan mengetahui tantangan yang akan dihadapi pada saat masuk ke dalam dunia industri.

Pada tanggal 6 Agustus 2022, diadakan info session microcredential dengan topik Artificial Intelligence and its application, program ini terbuka untuk semua jurusan yang dimiliki oleh BINUS University. Info session dibawakan oleh Bapak Daniel Patricko Hutabarat, ST.,MT. selaku head of computer engineering study program ditemani oleh Bapak Marcel Saputra,S.T., dan dihadiri oleh 18 mahasiswa.  Pada info session ini diinformasikan bahwa program ini bekerja sama dengan HUAWEI. Program ini memberikan keuntungan kepada mahasiswa yang mengikuti program ini yang telah memenuhi syarat tertentu, dapat mengikuti program sertifikasi secara “free”, jika program sertifikasi ini diikuti secara mandiri terkena biaya kurang lebih $ 200. Program dari microcredential ini adalah mahasiswa mengikuti exam (HCIA) AI. Latar belakang diadakan program Microcredential ini karena pada saat ini artificial intelligent salah satu kompentensi praktis yang spesifik, yang terus berkembang secara teknologinya dan untuk implementasinya tidak terbatas di berbagai bidang. Berdasarkan latar belakang tersebut, program ini bertujuan untuk dapat menghasilkan talent yang memiliki keahlian di bidang artificial intelligent, meningkatkan jumlah talent yang memiliki sertifikasi pada bidang artificiall intelligent dan pada akhirnya dapat menghasilkan mahasiswa yang mampu melakukan implementasi artificiall intelligent untuk menyelesaikan permasalahan pada berbagai bidang, tentu hal ini memberikan manfaat positif bagi mahasiswa karena dapat memudahkan mahasiswa untuk berkarir pada bidang yang membutuhkan keahlian di bidang artificial intelligent.

Adapun untuk platform yang digunakan 1) Huawei Talent (learning platform huawei), 2) Google classroom untuk memberikan pelaporan, tersedia timeline yang harus diikuti oleh mahasiswa, 3) Zoom untuk matakuliah yang membutuhan sesi diskusi, 4) Whatsapp untuk media komunikasi. Model pembelajaran yang ditawarkan Guided – Self Paced Learning, Online Lecture and discussion, Project Based Learning dan Blocking System. Alur pelaksanaan program dan matakuliah menjadi 4 tahap yaitu, 1) Phyton programming basic course merupakan tahap awal dimana mahasiswa diharapkan dapat melakukan kompilasi dan memecahkan case yang diberikan, seperti memproses data tabel dan visualisasi data. 2) HCIA – AI Course pada tahap ini mahasiswa diharapkan mampu memahami pengembangan AI, sistem AI Huawei Ascend, strategi AI, algoritma yang terkait traditional machine learning dan deep learning. 3) 3P Development Course pada tahap ini mahasiswa akan mendapatkan program pengembangan terkait problem solving, project management, dan presentation skills. 4) Final Project Course pada tahap ini diharapkan mahasiswa sudah dapat mencapai tujuan mengikuti program ini, yaitu mampu memberikan solusi yang tepat melalui pengembangan sebuah prototype berbasis AI baik berbentuk software maupun hardware.

Pada acara info session ini, mahasiswa terlihat antusias terlihat dari jumlah mahasiswa yang aktif bertanya pada saat QnA session.

Lampiran :

Disusun oleh : Jeffrey Arief Mulyono, Christine Rusli.