BINUSIAN JOURNEY

Untukmu yang Merasa Tak Punya Kelebihan Apa-Apa

Ada sebuah kondisi yang lebih gawat dari pada tidak percaya diri, yaitu rendah diri!

Jika tidak percaya diri berakibat malu-malu untuk menampilkan diri, maka jika rendah diri berakibat tidak mau menampilkan diri. Inginnya lebih suka menyendiri, dibelakang, diam saja, menonton saja, merasa tidak punya kelebihan apa-apa, bahkan merasa tidak berguna.

Kondisi seperti ini perlu segera ditangani dan tidak baik jika di terusakan dan didiamkan saja. Kenapa? Karena pada mahasiswa, kondisi ini akan menjadi sumber permasalahan berkurangnya semangat berkuliah, menyelesaikan kuliah, atau ketika sudah lulus jadi kesulitan untuk mendapatkan pekerjaan. Kenapa sulit mendapatkan pekerjaan? Karena merasa tidak memiliki kelebihan apa-apa dapat membuat energi diri meredup, tidak tampak bercahaya, potensi diri sulit berkembang, dan mudah putus asa. Kondisi ini adalah cikal bakal dari kondisi yang lebih fatal yaitu depresi. Awalnya merasa tiadak memiliki kelebihan apa-apa, lalu akan menjadi aku tidak bisa apa-apa, dan akan parah jika menjadi aku tidak diperlukan siapa-siapa.

Nah, jadi jika kamu sedang merasa dan selalu berpikiran tidak punya kelebihan apa-apa, langsung lakukan hal-hal berikut ini ya:

  1. Tuliskan apa yang senang kamu lakukan
  2. Tuliskan apa yang pernah kamu lakukan dan membuatmu bahagia
  3. Tuliskan apa yang pernah kamu lakukan dan membuat orang lain bahagia
  4. Terbukalah kepada orang terdekat dan yang kamu percaya, sampaikan bahwa dirimu merasa tidak memiliki kelebihan-apa-apa dan minta tolong untuk membantu menyebutkan kelebihan dirimu. Jika kamu merasa tidak memiliki orang terdekat yang kamu percaya, temuilah seorang professional seperti konselor dan psikolog.
  5. Ingat bahwa semua orang memang memiliki kecenderungan mengingat hal negative dibandingkan hal positif. Hal ini dikarenakan yang menyakitkan lebih diingat sebagai bentuk pertahanan dan perlindungan diri. Akan tetapi, bentuk pertahan dan perlindungan diri yang berlebihan justru akan menjadi menutup diri. Ini lah yang membuat semakin tidak keluar dan tidak terlihatnya potensi diri. Oleh karena itu memang perlu berusaha dan latihan untuk menemukan hal positif, kebaikan, dan kelebihan diri kita.
  6. Sadarilah bahwa Pikiranmu bukanlah dirimu. Jadi kamu bisa kok menepis pikiran yang berkata “aku tidak punya kelebihan apa-apa” dengan bertanya “apa saja sih yang bisa aku lakukan dan jadi kelebihanku?” Kemudian kamu bisa terus melawannya dengan melihat jawaban di cara nomer 1, 2, dan 3 tadi ya. Ingat ya, pikiran “aku tidak memiliki kelebihan apa-apa” harus dilawan dan tidak boleh dibiarkan.
  7. Tips terakhir yang perlu kamu lakukan sesering mungkin adalah Apresiasi hal sekecil apapun yang telah kamu lakukan, telah kamu capai, atau telah kamu hasilkan. Misalkan, sekecil kamu mampu bangun pagi dan bersih-bersih rumah, artinya kamu punya kelebihan mengendalikan diri untuk bangun pagi dan membuat lingkungan bersih dengan bersih-bersih dan rapih-rapih. Atau misalnya, kamu mampu mengendari sepeda, artinya kamu punya kelebihan memiliki kemampuan menyeimbangkan badan. Atau kamu bisa melihat tulisan ini, artinya kamu punya kelebihan senang membaca dan mengembangkan diri. Atau kamu bisa masak, bisa menggambar, bisa mudah mengingat nama orang, bisa setia, bisa mengerjakan tugas tepat waktu, bisa merawat hewan, dll. Ingat, “bisa” itu berarti juga kelebihan lho. Tidak perlu menjadi “sangat bagus” atau “menjadi pemenang” untuk disebut sebagai kelebihan. Nah, jadi mulai sekarang perhatikan hal-hal kecil dan sederhana di dirimu, yang pernah kamu lakukan, dan yang ada di sekitarmu. Apresiasi dan akui itu adalah anugrah dan kelebihan yang ada padamu.

Ditulis oleh :
Ajeng Diah Hartawati, M.Psi, Psikolog
Internship Center & Career Development