BINUSIAN JOURNEY

Perubahan Kecil untuk Hasil Luar Biasa

Tidak sedikit orang yang berfikiran ingin membuat perubahan besar pada dirinya, dalam hidupnya. Setiap orang menginginkan memiliki kehidupan yang lebih baik dan kesuksesan. Akan tetapi, hanya sedikit yang benar-benar serius hingga mampu mencapainya, sebagian berhenti di tengah jalan usahanya, dan sebagian lainnya hanya sebatas berangan-angan membayangkannya.

Untuk mencapai hasil yang luar biasa kita perlu keluar dari kebiasaan yang kita anggap biasa. Artinya perlu membuat kebiasaan baru. Permasalahan yang kerap menghampiri bahkan mengagalkan pembentukan kebiasaan baru adalah kelelahan, kebosanan, tidak sabar, merasa tidak nyaman, merasa berat, merasa sia-sia di tengah jalan.

Lalu, Bagaimana caranya membuat kebiasaan baru untuk mencapai hasil yang kita harapkan ?

Berikut tips-tipsnya yang perlu kamu terapkan untuk berhasil mencapai hasil yang luar biasa :

    1. Make it Obvious
      Jadikan semuanya jelas, misalkan kita ingin lebih banyak baca buku, ubah ucapan “aku ingin bisa bca banyak buku” dengan lebih terukur yaitu “dalam sehari aku membaca minimal 1 halaman”. COntoh lain kita ingin bisa olah raga rutin, ubah ucapan “aku akan olah raga tiap hari” dengan “aku olah raga minimal 5 menit setiap hari”

 

    1. Make it Attractive
      Jadikan kebiasaan baru itu menarik. Hal ini diperlukan agar kita akan terdorong oleh motivasi dari dalam diri karena merasa senang melakukannya, bukan karena terpaksa yang biasanya motivasi berasal dari luar diri. Termasuk hal ini adalah mengapresiasi/memuji/menghadiahi diri sendiri atas pencapaian diri alih-alih mengharapkan diapresiasi/dipuji oleh orang lain.

 

    1. Make it Easy
      Jadikan hal itu mudah. Ini diperlukan agar kita tidak lagi banyak alasan untuk tidak melakukannya dan lebih membuat kita konsisten melakukannya.

 

  1. Make it Satisfying
    Tidak dipungkiri bahwa kepuasan adalah perasaan yang bisa menyenangkan hati. Muara dari apapun yang diusahakan. Kesenangan mengajarkan kira bahwa perilaku tersebut patut diingat dan diulangi. Jadi semakin hal yang kita lakukan membuat kita merasa puas, semakin besar kemungkin kita untuk tetap berpegang pada kebiasaan tersebut.

James Clear, dalam bukunya Atomic Habits, menjelaskan bahwa kita harus mengedepankan setiap perubahan yang positif walaupun hanya sedikit atau hanya satu persen. Perubahan yang positif dan berkesinambungan akan memberikan dampak yang signifikan pada suatu saat. Ini bukan tentang mencapai sesuatu dengan instan, ini tentang bagaimana kita mencapai keberhasilan-keberhasilan kecil hingga suatu saat sampai pada hasil yang luar biasa.

Referensi :
Clear, James. 2018. Atomic Habits – An Easy & Proven Way to Build Good Habits & Break Bad Ones. New York: Avery.

Ditulis oleh :
Ajeng Diah Hartawati, M.Psi, Psikolog
Internship Center & Career Development