::first-letter juga berlaku jika huruf pertama sebenarnya adalah angka, misalnya, “6” dalam “67 juta dolar adalah uang yang banyak.”

Catatan: Dalam beberapa kasus, pseudo-elemen ::first-letter harus mencakup lebih dari sekadar karakter non-tanda baca pertama pada suatu baris. Misalnya, penggabungan karakter harus tetap menggunakan karakter dasarnya. Selain itu, beberapa bahasa mungkin memiliki aturan khusus tentang cara menangani kombinasi huruf tertentu. Definisi UA untuk ::first-letter harus mencakup setidaknya klaster grafem default sebagaimana didefinisikan oleh UAX29 dan dapat mencakup lebih dari itu sebagaimana mestinya. Dalam bahasa Belanda, misalnya, jika kombinasi huruf “ij” muncul di awal suatu elemen, kedua huruf tersebut harus dianggap berada dalam pseudo-elemen ::first-letter. [UAX29]

Jika huruf-huruf yang membentuk ::first-letter tidak berada dalam elemen yang sama, seperti “‘T” dalam <p>‘<em>T…, UA dapat membuat pseudo-elemen ::first-letter dari salah satu elemen, kedua elemen, atau tidak membuat pseudo-elemen.

Demikian pula, jika huruf pertama dari blok tidak berada di awal baris (misalnya karena penataan ulang dua arah), maka UA tidak perlu membuat pseudo-elemen.

Contoh:

Contoh CSS dan HTML berikut mengilustrasikan bagaimana pseudo-elemen yang tumpang tindih dapat berinteraksi. Huruf pertama dari setiap elemen P akan berwarna hijau dengan ukuran font ’24pt’. Sisa baris pertama yang diformat akan berwarna ‘blue’ sedangkan sisa paragraf akan berwarna ‘red’.

 

p { color: red; font-size: 12pt }
p::first-letter { color: green; font-size: 200% }
p::first-line { color: blue }

<P>Some text that ends up on two lines</P>

Dengan asumsi bahwa pemutusan baris akan terjadi sebelum kata "akhir", urutan tag fiksi untuk fragmen ini mungkin adalah:
<P>
<P::first-line>
<P::first-letter>
S
</P::first-letter>ome text that
</P::first-line>
ends up on two lines
</P>

Perhatikan bahwa elemen ::first-letter berada di dalam elemen ::first-line. Properti yang ditetapkan pada ::first-line diwarisi oleh ::first-letter, tetapi akan diganti jika properti yang sama ditetapkan pada ::first-letter.

Huruf pertama harus muncul pada baris pertama yang diformat. Misalnya, dalam fragmen HTML ini: <p><br>Pertama... baris pertama tidak berisi huruf apa pun dan ::first-letter tidak cocok dengan apa pun (dengan asumsi gaya default untuk br dalam HTML 4). Secara khusus, ini tidak cocok dengan "F" dari "Pertama."

https://www.w3.org/TR/selectors-3/#first-letter