Digital Maturity Model

Digital Maturity (Kematangan Digital) adalah kemampuan untuk dengan cepat merespon atau memanfaatkan peluang di pasar dengan berdasarkan kemampuan teknologi terkini, sumber daya kepegawaian, dan teknologi digital. Ini adalah kemampuan organisasi untuk melakukan transformasi digital tidak hanya dari sudut pandang teknologi digital, tetapi juga di seluruh organisasi, termasuk SDM, budaya, dan proses, untuk mencapai hasil bisnis.

Sebagai langkah awal akan dilakukan pengukuran untuk mengetahui tingkat kematangan digital yang dimiliki oleh BINUS Higher Education, hasilnya akan menjadi modal awal untuk menentukan strategi digital transformasi yang tepat.

Teknik Pengambilan Data

Menggunakan Assessing the Digital Maturity Level of Higher Education Institutions (Đurek, Ređep, Divjak, 2019)

Istilah lain yang digunakan untuk menyebut Digital Maturity Model:

• Digital Capablity Assessment
• Digital Acceleration Index
• Digital Readiness Assessment • Digital Capabilities
• Maturity Assessment

Responden

Karyawan perguruan tinggi dengan pengalaman di tingkat manajemen.

Framework Digital Maturity for Higher Education


Framework disusun oleh:

Valentina Đurek, Nina Begičević Ređep, Blaženka Divjak (2019)

Metode penelitian:

Melakukan analisis kualitatif terhadap berbagai framework serupa yang menggambarkan organisasi yang matang secara digital dari perspektif konsep dan dokumen strategis di tingkat nasional dan internasional, analisis dokumentasi proyek yang ada, penyortiran Q metode dan grup fokus.

Framework ini dihasilkan dari proyek riset yang dijalankan selama 4 tahun, dimulai pada 1 Juni 2015 dan berakhir pada 31 Mei 2019.

​​​​​​​UNIT TERKAIT:
BINUS Digital dan BCLD.